Album Baru Ras Muhamad Tawarakan Multi Genre, Soroti Mental Health


 

Jakarta, DJC – Ada kejutan menarik yang diberikan Ras Muhamad saat merilis album terbarunya. Album yang bertajuk Kaleidoscope vo.1 ini justru menunjukan sisi musikalitasnya yang semakin lebar dan terkesan liar. Ras Muhamad mencoba keluar dari zona nyamannya dalam bermusik. Walaupun sudah menjadi ikon Reggae di tanah air, musisi yang sekarang tinggal di Bali ini justru tidak menampilkan musik Reggae melulu di album terbarunya tersebut. Musik yang sudah melekat di perjalan kariernya. Bagaimana tidak, di album ini berbagai rasa ditumpahkannya dengan berani, mulai dari unsur musik pop, metal, punk hingga HipHop. Dan tentu saja masih ada nuansa Reggae yang ditawarkan di album ini. Yang lebih menarik lagi, beberapa nama terlibat / berkolaborasi di album ini, yang antara lain: TuanTigabelas, Roots Rocks Rully (Suaka), Andre Siksa Kubur, Jumat Libur Soundsystem, Emire Seins, Toke, hingga Octav Sicilia & Yousa P.

            Ras Muhamad mengungkapkan bahwa di era industri musik sekarang, menampilkan cross genre dalam sebuah album sudah merupakan hal yang wajar. “Sudah saatnya saya mencoba hal baru, di album inilah kesempatannya. Semua lagu yang ada mewakili ekspresi saya dalam bermusik sebagai seorang seniman yang tidak dibatasi oleh hal-hal tertentu. Sebuah ekspresi musikal yang merupakan respon dari apa yang terjadi di sekitar saya selama ini. Album ini adalah tahap dan evolusi di mana Ras Muhamad melihat proyek tersebut sebagai perpaduan ramuan musik pop yang diadu dengan semangat metal dan sikap punk di dalam latar belakang HipHop,” Ungkapnya.

            Evolusi ini tidak hanya tampil dalam karya bermusiknya, kini musisi ini juga tampil sebagai produser musik dan tentunya penulis lagu lintas genre. Bahkan musisi ini juga telah mendirikan label indie-nya bernama Black Coral Music. Walaupun menampilkan berbagai rasa yang berbeda, dari sisi aransemen proyek di album ini sangat berorientasi dan didominasi pada permainan gitar, di mana banyak di lagu-lagu di album ini, Ras Muhamad sendiri yang menulis dan memainkan part-part gitar. Beragam warna gitar dan tekniknya mengisinya mulai dari gitarlele, gitar akustik, gitar elektrik dan juga seven string gitar yang terdengar sebagai distorsi.

            Album yang digarap selama kurang lebih 2 tahun lamanya ini berisi 12 lagu, dengan fokus mengangkat isu mental health. Album inipun sudah mempersiapkan beberapa single yang menjadi fokus track. Lagu "Like Summer", merupakan lagu berkarakter ceria dan sensual yang menjadi unggulan pertama. Kemudian lagu Sand Castle”, menghadirkan nuansa yang terkesan lebih eksploratif, bertema gelap dengan perpaduan grunge, metal, hingga Trap. Dan lagu Radio Silence yang dikemas dengan nuansa AfroPop/R&B, akan tetapi pada ujung lagu justru menghadirkan karakter “musik keras” yang menghentak. Kaleidoscope vo.1 menjadi album yang penuh warna. (sTr)

 

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.