“Orang Yang Berbeda”, Kelahiran Kembali Karya Anji

Anji (DjakartaConnection.com)

Jakarta, DJC – Sebagai solois yang memiliki reputasi, Anji selalu memberikan kejutan di pentas musik nasional. Sepanjang karirnya, pemilik nama asli Erdian Aji Prihartanto ini memang termasuk cukup produktif menulis dan merilis lagu. Menjelang bulan Ramadhan, penyanyi kelahiran Jakarta ini kembali melepas single-nya yang terbaru, bertajuk “Orang yang Berbeda”, sebuah lagu yang menjadi pembuka untuk album yang kabarnya akan dirilis pada tahun ini juga, bertajuk “Samsara”. Menariknya single terbarunya ini hadir dengan aransemen yang sedikit berbeda dengan lagu-lagu yang pernah dibawakannya sebelumnya.

            Seperti yang diutarakan musisi ini yang mengatakan bahwa lagu ini memang sengaja di aransemen berbeda. Apalagi single terbarunya tersebut, ternyata bukan benar-benar lagu baru. Orang yang Berbedamerupakan lagu karya lamanya yang sudah pernah dibawakan dan dirilis oleh penyanyi muda berbakat asal Medan, Chintya Gabriella, dengan judul “Percaya Aku”. Lagu ini dipilih untuk dinyanyikannya kembali. kemudian di aransemen ulang dan diganti judulnya menjadi “Orang Yang Berbeda

            “Hal ini memang sengaja saya lakukan, sebagai penanda bahwa kini perjalanan bermusik saya memasuki era baru. Dengan mengganti judul dan menyanyikannya sendiri, supaya masyarakat bisa membedakan lagu yang di nyanyikan oleh penyanyi lain dengan versi yang saya nyanyikan sendiri. Termasuk juga di sisi aransemen, kalau dulunya banyak menampilkan nuansa akustik, kini musik di lagu-lagu saya selanjutnya akan banyak hadir dengan aransemen full band yang lebih enerjik. Lagu Orang Yang Berbeda, juga sebagai penanda kelahiran kembali karya-karya yang sudah saya tulis sebelumnya.” Ungkapnya kepada awak media, saat menggelar Anji Exclusive Showcase, di sebuah café kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2024),

            Ya, Orang yang Berbeda” ini menjadi lagu pembuka dari album “Samsara”. Dimana setiap lagu di album ini, rencananya akan dirilis bertahap per-single. Saat ditanyakan kenapa mendaur ulang lagu lamanya bukan merilis lagu yang benar-benar baru, Anji menjelaskan, selain alasan diatas hal ini juga berhubungan dengan tema album tentang kelahiran kembali (Samsara). Sebuah album baru dengan semangat baru. Setelah sekitar 1 dekade lamanya Anji tidak merilis album, sejak album “Anji” dirilis (2014).


            Lebih lanjut Anji mengungkapkan, “Menyanyikan lagu karya saya sendiri yang sebelumnya di bawakan oleh penyanyi lain, menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Saya berusaha memberikan energi berbeda dengan aransemen terbaru dan dengan judul lagu baru. Lagu Orang yang Berbeda menjadi pilihan tepat untuk single pembuka. Karena ada beberapa lagu daur ulang lagi yang sudah saya siapkan. Akan tetapi di album saya nanti, tidak semua lagu lama, saya juga sudah menyiapkan sekitar 4 buah lagu yang benar-benar baru. Dari lagu lama yang saya remake menuju lagu-lagu yang terbaru, menjadi sebuah rangkaian perjalanan kelahiran kembali karya-karya saya. Sesuai dengan tema album”

            Menurut musisi / songwriter ini, album “Samsara” sudah dipikirkan dan dikerjakan secara matang, agar satu lagu dengan lagu lainnya punya keterkaitan secara emosional. Album ini juga sekaligus menjadi penanda revolusi-nya dalam bermusik menuju era baru. Sebuah album yang bisa mengambarkan dinamika dan lika-liku perjalanan hidupnya selama ini. Seperti kisah di lagu “Orang yang Berbeda”yang bercerita tentang perjuangan seseorang yang selalu diragukan oleh pasangannya.

            Pada kesempatan ini, Musisi ini juga tampil secara live dengan iringan full band yang selanjutnya akan menjadi home band tetap untuk kegiatan bermusiknya. Di depan awak media dan audiens yang hadir, Anji membawakan beberapa komposisi lagu, termasuk lagu “Orang yang Berbeda”. Di acara ini, Anji juga meluncurkan music video dari single terbarunya tersebut. Music videoOrang yang Berbeda” ini disutradarainya sendiri dengan menampilkan dua pemeran cantik, yaitu Celine Evangelista dan Yolla Yuliana. (sTr)

Diberdayakan oleh Blogger.