Duo ArumtaLa Hadir Dengan Mini Album “Bercerita”

ArumtaLa (istimewa)

 Jakarta, DJC – Banyak pendatang baru yang menawarkan konsep musik yang semakin inovatif. Salah satunya duo asal Jakarta bernama ArumtaLa, yang berawak Arini Kumara (contrabass) dan Laura Pradipta (vocal). Duo ini menghadirkan konsep musik bergenre Jazz. Langkah mereka langsung diawali dengan merilis mini album (EP) bertajuk “Bercerita yang berada dibawah naungan label rekaman demajors. Debutan mereka ini banyak mengangkat kisah yang banyak ditemui masyarakat sehari-hari. Termasuk lagu unggulannya yang bertajuk “Masuk Angin”. Bercerita tentang masalah yang dialami oleh banyak orang, terutama yang terhitung sudah berumur.

            Kisah di lagu tersebut ini sebenarnya juga cukup relate dengan keduanya. Yang menarik, karir ArumtaLa bukan dimulai di usia belia, seperti kebanyakan musisi lain pada umumnya. Justru mereka mulai serius berkarir setelah keduanya menjadi seorang ibu. Tidak mengherankan jika kisah yang ditulis di karya-karya mereka memang dialami atau dihadapi orang seusia mereka sehari-hari. Selain lagu “Masuk Angin”, ada juga lagu lainnya seperti “Keriput”, “Buaian Taman”, “Senandung Malam”, dan lagu bertemakan cinta “Angan Hampa”. Banyak cerita yang sengaja mereka tumpahkan di EP mereka ini.

            Uniknya, pertemuan keduanya tidak pernah direncankan. Tapi saat bertemu mereka bisa langsung dapat chemistry. “Awalnya aku kenal sama Laura itu lewat Instagram, ngobrolin tentang suaranya dia yang bagus, sampai akhirnya ketemu secara langsung di Citos. Setelahnya, pada malam hari, kita masih lanjut ngobrolin musik dan lagu,” ujar Arini menceritakan awal pertemuannya dengan Laura. Dari pertemuan inilah, akhirnya berlanjut dan keduanya bersepakat untuk membentuk duo ini pada Agustus 2023 lalu.

Walaupun hadir dengan basic jazz, album ini justru hadir dengan sentuhan aransemen yang lebar. Seluruh aransemen di EP mereka tersebut. dibuat oleh Arini dan Laura dengan bantuan para musisi yang mendukung, sementara aransemen strings di lagu “Angan Hampa” dan “Senandaung Malam” ditulis oleh Arini. Dimana dalam proses pembuatan EP “Bercerita, duo ini memang melibatkan banyak nama,

Untuk lagu “Masuk Angin” dan “Keriput” hadir dengan style swing, dibawakan dengan nuansa yang fun, jazzy, dan apa adanya, dengan iringan pianis Jason Limanjaya, penabuh drum Nicolaus Praditya, serta penampilan peniup terompet dari Rigen Eri Handoyo dan peniup klarinet Kuba Skowronski. Sedangkan lagu berjudul “Angan Hampa” dan “Senandung Malam” menampilkan permainan piano oleh prof. Tjut Nyak Deviana Daudsjah yang menambah kesyahduan dan memperdalam makna liriknya. Lagu “Buaian Taman” hadir dengan irama Rhumba. Tampil paling beda, karena instrumentasinya menggunakan perkusi yang ditabuh oleh Jose Kiano, dengan permainan gitar Alvin Ghazali dan dilengkapi oleh gesekan violin dari Yasintha Pattiasina.

.           Proses recording dikerjakan di Studio Aquarius Jakarta, Dimana semua lagu direkam secara live dan dibidani oleh Sukma Raya sebagai Produser, Anugerah Swastadi sebagai mixing engineer dan mastering oleh Stevano. Artwork EP beserta merchandiseBercerita” dikerjakan oleh Orkha.id yang menerjemahkan musik ArumtaLa menjadi suatu bentuk karya yang dinamis. Album “Bercerita” dari ArumtaLa ini, sudah bisa didengarkan di seluruh platform streaming digital sejak 26 Juni 2024 lalu. (sTr)

 

Diberdayakan oleh Blogger.