Morad, dari Blues ke Motown

Doc. DJC. Morad



Jakarta, DJC
- Solois muda asal Jakarta ini memberi gebrakan saat merilis karya terbarunya bertajuk ‘No One’s Gonna Love You’. Karya ini merupakan rilisan kedua bersama Berita Angkasa yang nanti akan terangkum dalam debut album Morad di tahun 2022 ini. Berbeda tempo dengan single sebelumnya, lagu barunya ini hadir dalam tempo yang lebih cepat dan penuh dengan nuansa semangat yang menggebu-gebu. Persis perasaan orang yang sedang kasmaran dan ingin memberikan kata-kata manis kepadanya. Hal ini menghilangkan stigma, bahwa seorang Morad hanya bermain di seputar pop dan blues seperti di single sebelumnya. Justru di ‘No One’s Gonna Love You’ Morad merambah ke ranah Motown, dengan pendekatan pop, R&B classic hingga soul yang tampil lebih rancak. Sebuah lagu bertema cinta yang renyah selalu menjadi konsumsi yang mudah. Morad memainkannya dengan komposisi dan rasa musik yang menyenangkan.

“Saya ingin sekali mengeksplorasi tempo-tempo upbeat, karena karya-karya saya sebelumnya didominasi oleh tempo pelan dan sedang. Mungkin ini yang paling cepat dan ternyata seru juga. Saya melihat di sekitar saya bagaimana mereka menghadapi fase jatuh cinta. Saya coba tuangkan dalam komposisi musik yang lebih semarak. Lirik lagu ini isinya gombal aja buat seru-seruan.” ujar Morad yang memiliki pengaruh musik dari Paolo Nutini, Amy Winehouse, Black Pumas, Aaron Frazer, Jeff Buckley, dan Durand JOne’s ini.

Lagu ini tidak lepas campur tangan Viki Vikranta (drummer Kelompok Penerbang Roket) yang menjadi produser, yang memberikan refenesi dan komposisi musik tanpa menghilangkan ciri khas musik Morad yang didominasi unsur blues, pop, dan soul. Pada proses produksi juga melibatkan peran serta Kamga di lini pengarah vokal. Lalu ada Nabil Favian (bass), Felix (gitar), Agustinus Panji Mardika (trumpet), Amoroso Rhomadian (trombone), dan Zildsjamada (saxophone).

Morad adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu dari Jakarta, Indonesia. Memulai perjalanan musiknya secara profesional saat merilis single debutnya ‘Blink of an Eye’, yang diproduksi oleh Karisk dari DeadSquad dan ILP (2019). Pada tahun 2020 Morad merilis single dengan Berita AngkasaIf Tomorrow I'm Losing You’ yang juga diproduseri oleh Viki Vikranta, dan tampil dalam album kompilasi berjudul ‘Adiksi Adaptasi’ juga rilisan Berita Angkasa. Tahun 2021, merilis single baru berjudul ‘How’ dengan produser yang sama dan banyak musisi yang terlibat dalam rilisan ini, Setelah perilisan’ No One’s Gonna Love You,’ Morad akan merilis album dan membuat video clip live session di tahun 2022 ini. (sTr)

Diberdayakan oleh Blogger.