Mengenal Mikrofon dan Jenisnya


Jakarta, DJC -
 Saat menyaksikan konser, atau mengikuti beberapa event, kamu sering terlihat banyak di gunakan beberapa jenis Microphone (Mikrofon). Bukan dari satu model saja, tapi juga di beberapa tipe yang berbeda. Sebenarnya apa itu Mikrofon? Dalam arti sederhana Mikrofon merupakan salah satu transduser (perangkat yang mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya) dimana sebuah mikrofon bertugas untuk mengubah energi akustik (gelombang suara) menjadi energi listrik (sinyal audio). Dalam dunia audio, Mikrofon ini merupakan keluarga Transduser yang berfungsi sebagai komponen atau alat pengubah  satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Setiap jenis Mikrofon memiliki cara yang berbeda dalam mengubah (konversi) bentuk energinya, tetapi mereka semua memiliki persamaan yaitu semua jenis Mikrofon memiliki suatu bagian utama yang disebut dengan Diafragma (Diaphragm).

            Dari sini, kita akan tahu bahwa Mikrofon tidak hanya satu tipe dan jenis. Sesuai dengan disain dan kebutuhannya. Ada berbagai jenis / tipe mikrofon dimana masing-masing tipe menggunakan metode yang berbeda dalam mengkonversi energi. Diafragma merupakan sebuah material tipis (berupa kertas, plastik atau alumunium) yang bergetar ketika terkena gelombang suara. Berdasarkan Teknologi atau Teknik Konversinya dari Energi Akustik (Suara) menjadi Energi Listrik, Mikrofon dapat dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut:

-          Dynamic Microphone, yaitu Microphone yang bekerja berdasarkan prinsip Induksi Elektromagnetik.

-          Condenser Microphone, yaitu Microphone yang diafragmanya terbuat dari bahan logam dan digantungkan pada pelat logam statis dengan jarak yang sangat dekat sehingga keduanya terisolasi menyerupai sebuah Kapasitor. Condenser Microphone disebut juga Capacitor Microphone.

-          Electret Microphone, yaitu Microphone jenis Condenser yang memiliki muatan listrik sendiri sehingga tidak memerlukan pencatu daya dari luar.

-          Ribbon Microphone, yaitu Microphone yang menggunakan pita tipis dan sensitif yang digantungkan pada medan magnet.

-          Crystal Microphone atau Piezoelektris Microphone, yaitu Microphone yang terbuat dari Kristal Aktif yang dapat menimbulkan tegangan sendiri ketika menangkap getaran sehingga tidak memerlukan pencatu daya dari luar.

 

Diberdayakan oleh Blogger.