Nikmati Wisata Indonesia Secara Virtual

 


Jakarta, DJC - 
Indonesia memiliki kekayaan distinasi wisata yang sangat beragam dan tak terhitung banyaknya. Tapi di akui, tidak banyak yang telah di publikasiakan atau di dokumentasikan dengan baik. Padahal kekayaan wisata tanah air yang layak untuk dinikmati dan di kunjungi tidak kalah dengan destinasi wisata di banyak negara. Di masa pandemic seperti saat ini, untuk hadir di destininasi wisata tanah air, bukanlah hal yang gampang. Apalagi jika info tentang lokasi atau destinasi wisata tersebut tidak di ketahui dengan baik. Untuk menjawab hal itu Visual Anak Negeri menggagas ‘Indonesia Virtual Tour’, yang merupakan salah satu program promosi pariwisata Indonesia dengan menggunakan teknologi Virtual Reality dengan konsep 360 VR Tour. Program ‘Indonesia Virtual Tour’ ini disambut baik oleh Kemenparekraf RI dan telah menjadi mitra resmi co-branding Wonderful Indonesia melalui Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI.

Program ‘Indonesia Virtual Tour’ ini meliputi pembuatan konten Virtual Reality kawasan pariwisata, kota-kota di Indonesia serta industri yang mendukung pariwisata di tanah air. Selain pembuatan konten tersebut program ‘Indonesia Virtual Tour’ adalah sebagai platform digital berupa website indonesiavirtualtour.com yang akan menyajikan konten-konten Virtual Reality Pariwisata yang ada di Indonesia yang dapat diakses secara gratis oleh seluruh masyarakat Indonesia maupun dunia melalui prangkat digital yang mereka miliki, termasuk penggunaan kacamata VR. Pada tahun 2022 target dari pembuatan konten ‘Indonesia Virtual Tour’ Indonesia meliputi: Nusa Penida (Bali), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Bromo (Jatim), Candi Borobudur (Jateng), Likupang (Sulut), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Wakatobi (Sulteng), Morotai (Malukut Utara), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Geopark Cileteuh (Jabar), Candi Prambanan, Candi Boko. Malioboro (DI Yogyakarta), Nepal Van Java (Jateng), Krakatau (Lampung) serta beberapa Ibukota Propinsi di Indonesia. Tujuan dari program ‘Indonesia Virtual Tour’ dengan tema “Visual Hari Ini Untuk Esok” adalah menyajikan konten digital terkini yang mempunyai kelebihan secara imersif, interaktif dan informatif yang dapat digunakan esok untuk kebutuhan informasi, promosi, edukasi, rekreasi digital serta dokumentasi yang dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Hal ini seperti di ungkapkan saat Visual Anak Negeri menggelar press conference di kantor Deteksi Production (01/02/22). Pada press conference yang mengungkapkan bahwa program ini akan di lakukan secara bertahap, sampai target tercapai. “Saat ini, baru kota-kota di atas yang akan kami dokumentasikan, Tentunya nanti akan terus kami kembangkan. Tapi tentunya tidak bisa semua destinasi wisata bisa kita dokuemntasikan. Hal ini berhubungan dengan berbagai kendala, salah satunya birokrasi. Bahkan ada beberapa destinasi wisata yang memang belum siap untuk di dokumentasikan.” Ungkap Norman Saleh (Ketua Yayasan Visual Anak Negeri).

Sedangkan menurut Harry “Koko” Santoso, penasehat dari Visual Anak Negeri juga harus melibatkan unsur musik. “Wisata tanpa musik kayaknya sepi. Jadi harus ada sinergi antara musik dan wisata.” Ungkap founder Deteksi Production ini menjelaskan.

Untuk itu, Visual Anak Negeri menggadeng kelompok Alien Child untuk membuat lagu soundtrack untuk kegiatana yang bertajuk ini. Alien Child sendiri merupakan duo yang berawak Aya dan Lala. Sinergi ini diharapkan membuat sisi pariwisara di tanah air menjadi semarak kembali. Rencana kedepan, program Indonesia Virtual Tour ini juga akan melibatkan para konten creator VR diseluruh Indonesia sebagai partnership pembuatan konten VR pariwisata yang akan dipublikasikan pada platform Indonesiavirtualtour.com serta dapat membuka peluang usaha baru untuk mereka di daerahnya masing masing. (sTr)

Diberdayakan oleh Blogger.