Hindia Resmi Rilis Album Keduanya “Lagipula Hidup akan Berakhir (Bagian I)”

Baskara Putra / Hindia (istimewa)

Jakarta, DJC – Musisi bernama Baskara Putra, rupanya memiliki energi yang berlebih dalam berkarya. Selepas merilis beberapa single di tahun 2023 ini, ternyata musisi yang memilih nama panggung Hindia ini masih memiliki banyak karya untuk disebarkan. Rilisan-rilisan terdahulu merupakan pemanasan untuk menuju album solonya yang ke-2. Bahkan album ini sudah mempersiapkan sebanyak 28 lagu (termasuk single yang sudah dirilis sebelumnya), menjadi sebuah proyek album yang terbilang ambisius.

            Akan tetapi album kedua yang bertajuk “Lagipula Hidup akan Berakhir” tidak langsung dilepas berisi 28 track. Album yang dirilis oleh Sun Eater ke platform-platform musik digital ini dilepas dalam 2 tahap. Untuk tahap petama sudah dirilis pada 7 Juli lalu (berisi 14 track), dengan menggelar jumpa pers di sebuah cafe di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sedangkan tahap kedua (berisi 14 track lagi) akan dirilis pada 21 Juli mendatang.

            Enrico Octaviano dan Kareem Soenharjo didaulat sebaga produser, di album yang memiliki materi cukup beragam ini. Album “Lagipula Hidup akan Berakhir” banyak menguak kisah atau mandalami alasan di balik masalah-masalah yang pernah dialaminya selama ini. Hindia membedah empat masalah besar yang membuatnya resah dalam beberapa tahun belakangan, yaitu teknologi, inflasi, oligarki dan krisis iklim. Karena banyak hal yang perlu ditelaah dari masalah-masalah ini, maka banyak pula lagu-lagu yang ditulis untuk album ini

Mengenai perilisan album tersebut, peraih penghargaan di AMI Awards ini mengungkapkan, Gue enggak menyangka bakal bikin album kedua, sebenarnya. Karena gue enggak ingin album Hindia banyak-banyak! Kalau album Hindia ada lagi, berarti persoalannya belum kelar. Terus gue kaji ulang, ternyata masih banyak akarnya. Gue merasakan apa yang dirasakan di album pertama karena keluarga dan lingkungan gue. Itu yang gue omongkan di album kedua.”

Mengenai banyaknya lagu di albumnya ini, Hindia beralasan karena memang perlu banyak yang diungkapakan, tentang berbagai keresahan yang dialaminya. “Dari awal menulis untuk album kedua, gue sudah yakin lagunya banyak. Cuma, di momen itu gue pikir mungkin 16 lagu penuh. Terus naik jadi 18, 20, 21, 22, turun lagi ke 18, naik lagi ke 24, ujung-ujungnya 28. Saya merasa ceritanya enggak selesai kalau cuma 14-16 lagu.” Jelasnya.

Pada perilisan album tahap I, Hindia mengunggulkan lagu Janji Palsu” yang sudah dirilis dalam bentuk single sebelumnya. Terdapat juga Ibelhingga lagu Selebrisik” yang mencerca selebriti yang berdagang lewat opini-opini sok tahu. (sTr)

 

Diberdayakan oleh Blogger.