“Strays” Pembalasan Epic Anjing Terlantar


Jakarta, DJC – Film tentang binatang memang jarang dirilis. Bisa jadi berhubungan erat dengan tingkat kesulitannya. Dalam sejarah, film tentang anjing yang paling banyak dirilis, beberapa diantaranya termasuk sukses di pasar. Kebanyakan film bertema binatang, terutama berkisah tentang anjing merupakan film anak-anak, atau untuk semua umur. Akan tetapi tidak untuk film “Strays” arahan sutradara Josh Greenbaum ini. Walaupun film tentang anjing lucu, dengan banyak kisah kocak dan menggemaskan, film yang naskahnya ditulis oleh Dan Perrault ini justru sangat tidak disarankan buat anak-anak. Apalagi banyak dialog sarkasme dan banyak joke yang terkesan vulgar. Tapi “Strays” menjadi sebuah film tentang anjing dengan sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan film bertema binatang yang telah dirilis sebelumnya.

            Maklumlah jika dialog yang terkesan vulgar, karena mewakili karakter anjing jalanan yang terbuang. Berkisah Reggie (suara diisi oleh komedian Will Ferrell) yang begitu setia dan mencintai tuannya Doug (Will Forte), seorang pengangguran yang hidupnya kacau. Sebenarnya Doug tidak begitu menyukai anjing terutama Reggie karena dianggapnya membawa beban, dan berusaha membuang Reggie beberapa kali. Tapi Reggie selalu berhasil kembali ke rumah. Hingga akhirnya Reggie di buang jauh keluar kota. Di tempat asing inilah Reggie bertemu dengan anjing jalanan Bug (suara oleh Jamie Foxx), yang mengajarinya kehidupan jalanan yang liar dan bisa berbuat apa saja.

            Reggie dikenalkan dengan mantan anjing penjaga, Hunter (Randall Park) dan Maggie (Isla Fisher). Ketiga anjing yang baru dikenalnya ini adalah anjing yang juga mulai disingkirkan oleh majikannya. Dari perteman dengan anjing-anjing baru ini, membuat  Reggie sadar kalau Doug selama ini sebenarnya jahat terhadap dirinya. Reggrie kemudian mengajak ketiga temannya untuk kembali ke rumah majikannya itu untuk membalas dendam, atas perlakuan Doug kepadanya selama ini.

            Kisah perjalanan 4 anjing ke rumah Reggie tanpa petunjuk yang jelas, menjadi petualangan seru, dan membuat berbagai kejadian hingga dialog yang kocak. Mulai dari mereka berada di sebuah carnival yang membuat mereka ketakutan, atau saat kelaparan mereka memakan jamur memabukkan yang membuat mereka berhalusinasi. Berbagai kejadian juga membuat persahabatan mereka sempat bermasalah, hingga akhirnya mereka menemukan kampung tempat tinggal Reggie.

            Berbeda dengan film tentang anjing pada umunya yang biasanya berkisah tentang kesedihan dan menguras air mata penonton. Film ini justru penuh dengan adegan kocak, terutama dari dialog-dialog yang dilontarkan, walau terkadang vulgar. Mereka memandang kehidupan manusia berbalik arah, menurut presepsi mereka tersendiri yang jauh dari fakta. Inilah kelebihan sang penulis, membangun sebuah carita dengan sudut pandang yang ngasal diwakili oleh pendapat Bug. Justru hal ini yang mampu membangun suasana lucu di sepanjang film ini. Tapi jangan menganggap film ini tidak serius, seperti film-film besutan Hollywood pada umumnya, dibalik aksi kocak mereka ada drama kesedihan yang sebenarnya terjadi. Bahkan film ini tetap menghadirkan sebuah pesan moral, yang wajib untuk diteladani. Dan yang patut di acungi jempol, sang sutradara mampu membuat kawanan anjing ini beraksi dengan kocak. (sTr)

 

“Strays”

Genre                          : Komedi

Sutradara                     : Josh Greenbaum

Penulis                         : Dan Perrault

Produser                      : Phil Lord p.g.a., Christopher Miller p.g.a., Erik Feig p.g.a., Aditya Sood p.g.a., Louis Leterrier, Dan Perrault

Exacutive Producer       : Nikki Baida. Doug Merrifield, Jessica Switch, Julia Hammer

Pemeran                      : Will Ferrell, Jamie Foxx, Isla Fisher. Randall Park, Brett Gelman, Will Forte

Cinematography          : Tim Orr

PH                                          :  Lord Miller Productions, Picturestart

Distribusi                     :  Universal Pictures

STTL                           : 17 th keatas

Durasi                          : 93 menit

Tnggal Tayang            : 19 Agustus 2023

 

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.