Ferrari Purosangue, Sejarah Baru Produksi Si Kuda jingkrak

Ferrari Purosangue (istimewa)

 Jakarta, DJC – Siapa yang tidak kenal produk mobil sport Ferrari? Perusahaan papan atas asal Italia ini selalu memberikan inovasi terbaik di setiap mobil yang di produksinya. Tidak mengherankan jika Ferrari menjadi salah satu brand mobil sport papan atas yang sangat populer dikalangan pecinta otomotif dunia. Selama ini dikenal dengan mobil sport mewah dua pintu, yang hadir dengan warna-warna menantang, seperti merah atau kuning. Akan tetapi pabrikan yang berada di Maranello, Italia ini rupanya terus mengembangkan produksinya untuk menciptakan produk mobil berkelas yang inovatif. Maka, lahirlah tipe baru yang bernama Purosangue, yang resmi di luncurkan di Indonesia pada 13 September lalu.

            Apakah bedanya tipe Purosangue, dibandingkan dengan produk-produk Ferrari yang lainnya? Dari tampilannya memang sangat berbeda, seperti sebuah mobil yang keluar dari disain iconic brand Ferrari. Untuk pertama kalinya, Purosangue merupakan sebuah mobil dengan empat pintu dan empat kursi keluaran dari The Prancing Horse. Merupakan sejarah baru, karena mobil dengan konfigurasi empat pintu dan empat kursi yang diluncurkan untuk pertama kalinya dalam 75 tahun dari perjalanan sejarah brand Ferrari. Tentu saja masih menampilkan disain yang elegan, Purosangue sebagai mobil sport empat pintu Ferrari yang otentik, yang terinspirasi dari mobil sport paling ekstrem dari The Prancing Horse.

            Peluncuran mobil istimewa ini di Indonesia, diresmikan di Hutan Kota Plataran, ditengah taman kota yang rimbun di pusat Jakarta. Setelah setahun lalu Purosangue, untuk pertama kalinya diluncurkan di kota Pisa, Italia. Kini, sebagai puncak dari 75 tahun penelitian terdepan mereka, Ferrari telah menciptakan sebuah mobil yang unik di panggung dunia: tidak hanya performa, kenikmatan berkendara dan kenyamanan juga saling berdampingan dalam harmoni yang sempurna, juga merupakan enkapsulasi dari DNA ikonik The Prancing Horse. Inilah alasan mengapa nama Purosangue dipilih untuk tipe mobil ini, sebuah nama dalam bahasa Italia yang berarti 'ras murni'.

Beberapa Fitur Unggulan

            Tentu saja Purosangue memiliki berbagai fitur unggulan. Purosangue dilengkapi dengan mesin V12 Maranello yang ikonik dan bermesin NA (naturally-aspirated) yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 725 cv (715 HP). Purosangue memiliki mesin yang dipasang di tengah-tengah dengan gearbox di bagian belakang untuk menciptakan tata letak poros transmisi (transaxle) yang sporty. Unit Transfer Daya (PTU) dipasang di depan mesin untuk menghasilkan transmisi 4x4 yang unik. Hal ini menghasilkan distribusi bobot sebesar 49:51% yang dianggap optimal oleh para insinyur Maranello untuk sebuah mobil sport bermesin tengah-depan.

Purosangue menawarkan angka performa terdepan di kelasnya (dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,3 detik dan dari 0 hingga 200 dalam 10,6 detik); posisi mengemudi dan suara mesin V12 yang garang memberikan pengalaman berkendara yang sama sekali baru namun tetap berkarakter Ferrari sepenuhnya. Fakta bahwa beragam perlengkapan yang berfokus pada kenyamanan disediakan sebagai fitur standar, seperti sistem audio Burmester©, dan bahwa banyak tambahan opsional termasuk sarung jok Alcantara® terbaru, yang berasal dari poliester daur ulang bersertifikat, menjadikan Purosangue sebagai sebuah mobil dengan empat pintu dan empat tempat duduk terlengkap di segmennya

Ferrari juga telah memberikan Purosangue iterasi terbaru dari sistem kontrol dinamis kendaraan yang diperkenalkan pada mobil sportnya yang paling bertenaga dan eksklusif ini, termasuk kemudi empat roda independen dan sistem pengontrol rem anti terkunci (ABS) 'evo' dengan 6-way Chassis Dynamic Sensor (6w-CDS). Sistem suspensi aktif Ferrari yang baru ini memulai debut dunianya. Sistem ini secara efektif mengontrol body roll di tikungan-tikungan serta kontak ban pada jalanan yang penuh gundukan untuk memberikan performa dan respons handling yang sama sebagai mobil sport Ferrari.          

Didukung dengan arsitektur modern yang unik, menjadikan Purosangue mobil serbaguna yang memadukan kenyamanan tak tertandingi dengan performa dan kenikmatan berkendara khas Ferrari. Eksteriornya yang ramping dan atletis membedakannya dari mobil empat pintu dan empat kursi lainnya di pasaran, dan mesin V12 naturally-aspirated yang dipasang di bagian tengah-depan berpadu dengan kabin yang sangat nyaman, lapang, mewah, dan tanpa cela. Purosangue bukan hanya mobil yang sangat cepat dan lincah, tetapi juga yang menawarkan ruang di dalamnya untuk memastikan kenyamanan yang luar biasa bagi keempat penumpangnya. Menjadi mobil mewah yang memadukan sisi garang, elegan dan kemewahan. (sTr)

 


PUROSANGUE – TECHNICAL SPECIFICATIONS

POWERTRAIN

Type                                                    V12 – 65° – dry sump

Overall displacement              6496 cc

Bore and stroke                                   94 mm x 78 mm

Max. power output*                            725 cv at 7750 rpm

Max. torque                                         716 Nm at 6250 rpm

Max. revs                                            8250 rpm

Compression ratio                               13.6:1

Specific power output                         111 cv/l

 

DIMENSIONS AND WEIGHT

Length                                                 4973 mm

Width                                                  2028 mm

Height                                                 1589 mm

Wheelbase                                           3018 mm

Front track                                          1737 mm

Rear track                                            1720 mm

Dry weight**                                      2033 kg

Dry/power ratio                                  2.80 kg/cv

Weight distribution                             49% front / 51% rear

Fuel tank capacity                               100 litres

Boot capacity                                      473 litres

 

TYRES AND WHEELS

Front                                                   255/35 R22 J9.0

Rear                                                     315/30 R23 J11.0

 

BRAKES

Front                                                   398 x 38 mm

Rear                                                     380 x 34 mm

 

TRANSMISSION AND GEARBOX

8-speed F1 DCT

 

ELECTRONIC CONTROLS

SSC 8.0: 4RM-S evo, Ferrari active suspension technology, F1-Trac, ABS ‘EVO’ with Grip Estimation 2.0, ECS

 

PERFORMANCE

Max. speed                                          > 310 km/h

0-100 km/h                                          3.3 s

0-200 km/h                                          10.6 s

100-0 km/h                                          32.8 m

200-0 km/h                                          129 m

 

FUEL CONSUMPTION AND CO2 EMISSIONS

Under homologation

 


Diberdayakan oleh Blogger.