“RETRIBUTION” Mencoba Selamat Dari Ancaman Bom Mobil


Jakarta, DJC – Nama Liam Neeson, identik dan cukup produktif terlibat di film bergenre action. Walaupun tidak muda lagi, aktor kelahiran Irlandia ini memang masih pas memerankan adegan-adegan perkelahian seru dan berbahaya. Hal yang juga dia lakukan di film terbarunya “Retribution” arahan sutradara Nimrod Antal. Lantas apa bedanya film ini dibandingkan dengan film-film action lainya yang diperankan antor berusia 71 tahun ini? Inilah yang menarik untuk dibedah, walaupun bergenre action, kali ini Liam Neeson tidak tampil sebagai sosok jagoan ahli beladiri, atau mantan anggota pasukan khusus. Justru Liam Neeson memerankan seorang bankir yang berusaha menyelamatkan keluarganya.

            Berkisah Matt Truner (Liam Neeson) seorang bankir senior yang tiba-tiba mendapat ancaman bom yang ada di bawah kursi pengemudinya saat mengantar anak-anaknya ke sekolah. Ancaman tersebut lewat telepon yang tiba-tiba juga ada di dalam mobil barunya. Bom tersebut akan meledak jika ia berhenti atau jika keluar mobil, dan Matt Turner harus mengikuti instruksi dari penelepon rahasia tersebut. Ternyata ancaman bom ini juga dialamatkan ke seluruh rekan kerjanya. Salah satu rekan kerjanya, Sylvain (Arian Moayed) tidak berhasil selamat, bom mobilpun meledak dihadapan Matt Turner dan kedua anaknya yang tidak bisa keluar dari mobil. Hingga penelepon rahasia ini mengarahkan Matt Turner untuk menemui sahabat dan rekan kerjanya yang lain, Anders Muller (Matthew Modine). Pengancam ini meminta Matt Turner untuk mentransfer seluruh uang kantornya yang disimpan di Dubai, dan harus mendapat akses / persetujuan Anders Muller. Setelah keduanya ditemukan dan berhasil mendapat akses transfer uang, justru sang pengancam menyuruh Matt Turner membunuh sahabatnya tersebut. Karena menolak mengeksekusi sahabatnya, mobil Anders Muller diledakan pengancam dihadapan mereka.

            Matt Turner menghadapi dilema. Di satu sisi harus bisa menyelamatkan diri, terutama membebaskan kedua anaknya. Disisi lain Matt Turner akhirnya menjadi buronan kepolisian karena dituduh menjadi dalang ledakan mobil berantai yang menimpa rekan kerjanya. Matt Turner berusaha memutar otak untuk selamat dari hal tersebut. Dan berusaha meyakinkan pihak kepolisian bahwa dirinya juga korban. Akan tetapi dirinya masih dianggap sebagai buronan yang berbahaya oleh pihak kepolisian. Walaupun akhirnya diketahui, segala ancaman tersebut berujung pada pemerasan / uang, Matt Turner sama sekali tidak tahu, latar belakang dan dalang di balik semuanya tersebut.

            Seperti tertulis diatas, yang menarik di film ini Liam Neeson tidak berperan sebagai jagoan ahli beladiri seperti kebanyakan film yang dibintanginya. Aktor ini berperan sebagai bankir ambisius yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk pekerjaan. Hal yang membuat keluarganya menjadi berantakan. Sisi drama inilah yang memperkuat kisah di film ini. Rumah tangga yang mulai terguncang, anak-anak yang menjadi jauh dengan ayahnya, istinya Heather Turner (Embeth Davidtz) yang mengajukan perceraian, hingga tekanan kerja Matt Turner, berhasil membanguan nuansa di film ini semakin tegang. Kisah yang diambil dari film “El desconocido (2015) karya Alberto Marini, ditulis ulang dengan apik oleh Christopher Salmanpour dan Alberto Marini sendiri. Film ini tidak hanya sukses membangun nuansa tegang dari ancaman bom yang nyata, tapi juga cerita drama rumitnya kehidupan keluarga Turner.

            Di film ini, Liam Neeson melakukan seluruh adegan hanya dibalik kemudi, tanpa menghadirkan adegan perkelahian satu lawan satu sama sekali. Kecuali saat Matt Turner memegang sebuah pistol yang ada di dalam laci mobilnya. Sebuah film action yang kuat dari sisi cerita. Dengan alur cerita yang tidak mudah ditebak, bahkan dengan ending yang tak terduga. Walaupun tentunya tetap menampilkan adegan kejar-kejaran mobil yang seru, dan serangkain ledakan bom yang menegangkan. (sTr)

 


RETRIBUTION

Genre Film                  : Action, Crime

Produser                      : Jaume Collet-Serra, Shanna Eddy, Alex Heineman

Sutradara                     : Nimrod Antal

Penulis                         : Christopher Salmanpour, Alberto Marini

Pemeran                      : Liam Neeson, Jack Champion, Matthew Modine, Embeth Davidtz, Arian Moayed, Noma Dumezweni, Emily Kusche, Lilly Aspell, Michael S. Ruscheinsky, Daniel Grave

STLS                           : R 13+

PH                                           : The Picture Company, Ombra Films, TF1 Films Production, Studio Babelsberg, Vaca Films

Durasi                          : 90 Menit

Distribusi                     : Lionsgate, Roadside Attractions (United States, Canada and India). StudioCanal (France, Germany, Australia and New Zealand), Tripictures (Spain)[1]

Jadwal tayang : 13 Septeber 2023

Diberdayakan oleh Blogger.