Festival Musikal Indonesia Akan Digelar Akhir Oktober 2023


 Jakarta, DJC – Kabar gembira bagi pecinta drama musikal, karena Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) bekerjasama dengan Yayasan Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) dan Ciputra Artpreneur akan menggelar Festival Musikal Indonesia (FMI), yang akan digelar pada tanggal 28-29 Oktober 2023 ini, dan berlokasi di, Ciputra Artpreneur Jakarta.

            Gelaran ini cukup menarik, karena akan menggelar berbagai pertunjukan teater musikal dengan berbagai cerita yang mengusung atau mengangkat tema Urban Legend atau Legenda Urban. Sebuah kisah yang sering kita dengar yang telah melegenda di perkotaan yang nyaris susah dibedakan antara kenyataan dan hanya cerita isapan jempol. Gelaran tahunan FMI ini juga merupakan ajang pertemuan para seniman musikal dengan pecinta musikal, dalam sebuah event yang dikemas secara menarik. Pada event kali ini, FMI juga menghadiran kurator muda yang bertugas mengkurasi penampil serta alur festival. Kurator terdiri dari perwakilan pelaku musikal di Indonesia, yakni Bathara Saverigadi, Chriskevin Adefrid, Josh Marcy, Nala Amrytha dan Nuya Susantono.

            Menurut Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ahmad Mahendra, saat menggelar jumpa pers di Ciputra Artpreneur Jakarta (05/10/23) mengungkapkan sangat antusias dengan kembali hadirnya FMI di tahun 2023 ini. “Festival Musikal Indonesia pertama yang sukses  digelar tahun lalu, telah menghidupkan kembali panggung musikal Indonesia setelah pandemi. Tahun ini, antusias dari komunitas-komunitas musikal makin besar, terlihat dengan makin banyaknya peserta FMI tahun ini. Kami berharap festival ini dapat berlangsung terus setiap tahun dan semakin berkembang,” Ungkapnya kepada awak media.

             Aiko Senosoenoto, produser dari Yayasan Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) selaku penyelenggara menyatakan, "Festival Musikal Indonesia ini kembali kami gelar sebagai bagian dari komitmen kami untuk menumbuhkan pertunjukan Musikal sebagai bagian dari Industri hiburan yang punya potensial besar di Indonesia. Sajian musikal senantiasa menggabungkan berbagai seni, mulai dari Teater, Musik, Tari, Wardrobe, dan Set Props, sehingga bisa menjadi ajang ekspresi dan kolaborasi dari para pekerja seni. Apalagi bentuk sajian musikal adalah bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang telah ada sejak jaman dahulu.  Hal ini perlu diketahui juga oleh generasi muda sekarang."

Sedangkan Rina Ciputra Sastrawinata, Presiden Direktur dari Ciputra Artpreneur, juga menyatakan "Ciputra Artpreneur, sebagai pusat seni dan budaya, dengan bangga turut serta dalam FMI 2023. Kerja sama antara FMI dan Ciputra Artpreneur yang dimulai sejak edisi pertama (FMI 2022) akan menjadi dasar kuat bagi persiapan dan kesuksesan FMI 2023. Kolaborasi ini sejalan dengan cita-cita pendiri kami, Alm. Dr. Ir. Ciputra, yang bermimpi menjadikan Jakarta sebagai destinasi utama kesenian dan memberikan ruang ekspresi bagi seni nusantara agar dapat tumbuh dan berkembang lebih maju. Kami yakin, dengan kolaborasi ini, kita mampu mewujudkannya untuk kemajuan seni musikal Indonesia."

            Tentu saja pada FMI pada tahun ini, akan menghadirkan berbagai karya, yang antara lain: Artswara dengan “Perempuan dalam Remang”, Boow Live dengan judul “Ibu”, EKI Dance  Company membawakan judul ”Bangku Kosong”, Swargaloka dengan “Ratapan di Timur Tanah Jawa :  Alas Purwo”,  dan terakhir TEMAN menggelar pentas berjudul "6". Semua grup mengeksplor tema Urban Legend dalam penyajian yang khas dan memiliki daya tarik tersendiri. Kelima karya di atas akan dipentaskan di auditorium lantai 13 Ciputra Artpreneur.

            Tidak hanya itu, di lantai 11 akan juga digelar sejumlah showcase musikal dari 13 kelompok yaitu: Askara, Camp Broadway Indonesia, Center Stage Community, Hi Jakarta Production, Jakarta Art House Community Theater, Jakarta Musical Crew, Jakarta Performing Arts Community (JPAC), Metamorphose Production - LSPR PAC, Pump N Jump Academy X Aksi Cinta Indonesia (ACI), Sinar 57, Surabaya Opera Academy, Surabaya Musical Theater Camp, Teater Svatuhari.

            Ditambah juga sesi Broadway Open Mic yang diorganisasikan oleh Gigi Art Of Dance. Selain itu, pengunjung juga bisa mengikuti talkshow, menikmati pameran dan kuliner nusantara di areal festival. Untuk areal Festival terbuka untuk umum alias gratis. Sedang untuk menyaksikan pertunjukan Gala di Auditorium disediakan tiket dengan harga yang terjangkau. Tiket One Day Pass dikenakan biaya retribusi sebesar 150.000 rupiah, sedangkan Two Days Pass 250.000 rupiah, Tiket Pertunjukan Gala FMI 2023 bisa didapatkan di www.bookmyshow.com mulai Kamis, 5 Oktober 2023 pk.20.00 WIB. (sTr)

 

Jadwal Kegiatan FMI 2023

 

Sabtu, 28 Oktober 2023

14.00 - 14.30 Opening FMI                                                                         CA lantai 11

                        Pentas Kolaborasi Talenta Musikal Indonesia                       

 

15.00 - 15.45   Showcase Jaksikal                                                                CA lantai 11

                         “Collective Expectation”

        

Showcase JPAC                                                                      CA Lantai 11     

                        “Legally Blonde”

 

16.00 - 16.45  Pertunjukan Gala : Swargaloka                                        Auditorium CA

“Ratapan di Timur Tanah Jawa”

 

17.00 - 19.30             Showcase Surabaya Musical Theater Camp                     CA Lantai 11     

                        “We All Are Beautiful”                                                     

                  

Showcase Hi Jakarta Production

“Kandita”

 

Showcase Askara

“Pertunjukan Kabaret Kami”

 

Opera Academy Surabaya

“Excerps from Camen”

 

20.00 – 20.45   Pertunjukan Gala : Boow Live                                                   Auditorium CA

                          “IBU”

 

Minggu, 29 Oktober 2023

14.00 – 14.45   Pertunjukan Gala : Teman                                                         Auditorium CA

                           “6”

 

15.00 – 15.45 Showcase LSPR                                                                             CA Lantai 11                          

“Nirwana”

 

                          Showcase Jakarta Arthouse  

                          “Mamamia”

 

16.00 – 16.45  Pertunjukan Gala : EKI Dance Company                               Auditorium CA                                       

“Bangku Kosong”

 

17.00 – 19.30 Showcase Broadway Camp Indonesia                                         CA Lantai 11

                  

                          Showcase Sinar 57

                  

                          Showcase Centre Stage Community

                          “Therapy The Musical”         

 

                          Showcase Svuatu Hari

                          “Polusi – Solusi”

 

                          Showcase Pump n Jump X Aksi Cinta Indonesia

                          “Bawang Merah Bawang Putih”

 

 

20.00 – 20.45  Pertunjukan Gala : Artswara                                                       Auditorium CA

                          “Perempuan Dalam Remang”

 

 

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.