Aksi Survival Epic di “No Way Up”


 Jakarta, DJC – Kisah petualangan untuk bertahan hidup. Inilah yang menjadi tema di film “No Wat Up” besutan sutardara Claudio Fäh. Sebenarnya sebuah kisah yang kerap kali dijadikan ide cerita untuk sebuah film. Akan tetapi, film yang naskahnya ditulis oleh Andy Mayson ini berusaha menampilkan nuansa ketegangan yang berbeda, termasuk belum pernah atau belum banyak dijadikan latar cerita di banyak film sejenis sebelumnya. Walaupun kisah di film ini hanya menampilkan kisah sederhana, tapi beberapa hal yang ditampilkan di film ini sukses menghasilkan berbagai hal yang cukup mencekam.

            Berkisah, Ava (Sophie McIntosh) putri seorang gubernur di sebuah negara bagian di Amerika, pergi berlibur ke Cabo dengan kekasih dan temannya. Mereka menggunakan pesawat komersial, yang justru sepi penumpang. Saat menyeberangi Samudra Pasific, mesin pesawat yang mereka tumpangi menabrak sekumpulan burung, yang membuat satu mesin pesawat terbakar dan rusak, Pesawat-pun tidak terkendali, akhirnya meluncur masuk dasar samudra. Ternyata beberapa orang dipesawat itu masih bertahan hidup, termasuk Ava dan teman-temannya. Mereka berusaha mencari cara untuk bisa mencapai permukaan.

            Akan tetapi hal ini tidak mudah, selain persedian oksigen yang terbatas, mereka berada di dalam pesawat yang berada di dasar samudra. Saat regu penolong hadir, justru hal ini tidak membantu. Karena dasar samudra tersebut dikelilingi oleh hiu-hiu ganas dan kelaparan. Satu persatu penumpang, awak pesawat dan termasuk regu penyelamat tidak bisa lolos dari serangan hiu-hiu samudra yang ganas. Setengah putus asa, Ava dan beberapa orang lainnya yang masih bertahan melakukan cara yang ekstrim untuk bisa mencapai permukaaan.

            Alur cerita di film ini memang sangat simple, penumpag pesawat yang masih hidup berusaha mencapai permukaaan. Akan tetapi kondisi kedalaman laut dan kepungan hiu ganas-lah yang membuat usaha mereka tidak mudah, bahkan beberapa diantaranya tidak selamat. Hal inilah yang menghasilkan nuansa tegang di film ini (walaupun diakui penggambaran hiu ganas di film ini tekesan biasa saja). Belum lagi bangkai pesawat yang mulai terbelah dam meluncur semakin dalam di dasar laut. Rangkain peristiwa yang terjadi begitu cepat memang sukses menghadirkan nuansa mencekam. Disinilah salah satu kelebihan sang sutradara. Claudio Fäh rupanya tidak mau dirumitkan dengan kisah pribadi masing-masing tokoh, tapi lebih fokus dengan berbagai kejadian yang menimpa pesawat tesebut. Belum lagi konflik yang terjadi diantara penumpang yang berusaha menyelamatkan diri. Jika kamu menyukai film yang menghadirkan nuansa tegang sepanjang film dengan kisah survival yang epic, “No Way Up” bisa dijadikan pilihan menarik. Tapi jangan berharap terlalu banyak pada ending di film ini. (sTr)

 


“No Way Up”

Genre Film      : Adventure, Action

Produser          : David Brierley, Will Clarke

Sutradara         : Claudio Fäh

Penulis             : Andy Mayson

Produksi          : Ingenious Media

Casts               : Phyllis Logan, Colm Meaney, Will Attenborough, James Carroll Jordan, Jeremias Amoore, Sophie McIntosh, Grace Nettle, Manuel Pacific, David Samartin, Scott Coker

STLS               : 13 tahun Keatas

Durasi              : 1 Jam 30 Menit

Jadwal Edar    : 02 Februari 2024

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.