M3GAN, Aksi Boneka Pintar Yang Posesif


Jakarta, DJC – Apa yang kamu bayangkan pada sebuah film bergenre thriller? Sosok misterius psikopat dengan masa lalu kelam? Sosok monster atau manusia berwajah seram dengan senjata tajam ditangan? Atau sosok yang dirasuki arwah jahat? Gambaran tokoh pembunuh sadis yang sering muncul di banyak film bergenre ini. Akan tetapi hal ini tidak terjadi di film “M3GAN” arahan Gerard Johnstone. Sosok ‘mengerikan’ di atas, digantikan oleh boneka pintar yang penuh perhatian. Profil boneka / mainan yang didambakan oleh jutaan anak-anak di dunia.


            Dikisahkan, Gemma (Allison Williams), seorang ahli robot jenius yang ambisius dan mementingkan karier, tiba-tiba harus menjadi ibu angkat keponakannya, Cady (Violet McGraw). Dimana Cady menjadi yatim piatu karena kedua orang tuanya meninggal akibat  kecelakaan. Gemma yang biasa hidup sendiri, tidak punya pengalaman apapun untuk mengasuh anak. Disisi lain, Gemma mendapat tekanan dari David (Ronny Chieng), pimpinan perusahaan tempatnya bekerja, untuk bisa menciptakan mainan anak-anak yang paling inovatif.

            Sebagai ahli pembuat robot, Gemma sudah membuat berbagai produk purwarupa. Salah satunya adalah robot mainan, yang memiliki kecerdasan dan dirancang untuk bisa merasakan emosional manusia. Produk berbetuk anak perempuan ini diberi nama M3gan (Amie Donald). Karena Gemma memang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus Cady, Gemma lalu memasangkan keponakannya dengan M3gan, sekaligus mengujicoba kemampuan ciptaanya ini. Selain bisa menjadi asisten pribadi, M3gan juga bisa menjalin ikatan emosional dengan pemiliknya, Cady. M3gan memang memiliki kecerdasan yang bisa terus berkembang. Pada sebuah prsentasi, David menyukai M3gan dan akan memproduksi sebanyak mungkin sebagai produk mainan anak-anak. Hal yang tentu mendukung karier Gemma.


            Dengan perkembangan kecerdasan yang bisa di unduhnya dari koneksi internet, pengetahuan M3gan tentang manusia semakin banyak. Cady-pun yang notabene kesepian, semakin merasa nyaman dengan mainan barunya tersebut. M3gan dianggapnya bisa menjaga dan mengerti perasaannya. Akan tetapi Gemma merasakan ada sesuatu yang aneh melihat kedekatan M3gan dan Cady. Apalagi M3gan sudah mulai masuk ke ranah pribadi mereka. M3gan juga tampak over protective pada Cady.


Disaat bersamaan, Gemma dituntut David untuk melakukan presentasi akhir, agar produk M3gan bisa dibiayai oleh investor. Tapi kejadian-kejadian aneh dan mengerikan mulai terjadi diseputar Gemma, termasuk di kantornya. Apakah hal ini berhubungan dengan M3gan, yang kemudian memengang kendali dengan kecerdasan yang dimilikinya? Dan bagaimanakah cara Gemma memisahkan kedekatan emosional M3gan dengan keponakannya, Cady?

            Film ini sangat menarik, sukses menggambungkan fiksi tehnologi dengan thriller. Walaupun inti ceritanya tidak beda jauh dengan film bergenre sejenis, yaitu sebuah peristiwa yang awalnya wajar berakhir dengan sebuah kekacauan yang luar biasa. Akan tetapi alur ceritanya cukup menarik jauh dari kesan membosankan. Apalagi ada nama James Wan (penulis / produser) di film ini. James Wan adalah sosok dibalik sukses beberapa film sejenis, seperti The Saw, The Conjuring dan lainnya. Walupun M3gan masuk kategori killer-doll movies seperti film “Annabelle” atau “Chucky”, akan tetapi masuknya nuansa tehnologi, dengan profil boneka manis yang disukai anak-anak, memberi experience berbeda, terutama dari sudut cinematography. Mengingatkan pada karakter jahat di film “Terminator”. Tampilnya musik nuansa 90-an yang mengiringi, juga mendukung ke-seruan film ini.

            Karakter M3gan sebagai boneka manis penyayang, tampil dengan ekspresi datar, hingga karakter posesif yang sangat menakutkan, menjadi kesuksesan sang sutradara menghadirkan ketegangan sepanjang film ini berlangsung. Beberapa dialog berkesan sarkasme yang memancing emosional hingga nuansa akward yang memancing tawa, sukses jadi pemanis. Apalagi dengan ending yang cukup dramatis, memperkuat cerita di film ini. “M3gan,  berhasil menyajikan tontonan istimewa, tanpa harus menggunakan nama-nama besar untuk mendukungnya. Menjadikan film bergenre fiksi tehnologi x thriller ini pas untuk membuka tahun 2023. “M3gan, sangat direkomendasi bagi penyuka film-film bergenre ini. (sTr)

 

M3gan

- Genre                        : Thriller, Fiksi Tehnologi, Modern Horror

- Sutradara                  : Gerard Johnstone

- Screenplay                : Akela Cooper

- Story                         : Akela Cooper, James Wan

- Produser                    : Jason Blum, James Wan

- Pemeran                    : Allison WilliamsViolet McGrawRonny ChiengBrian Jordan  Alvarez, Amie Donald. Jen Van Epps. Stephane Garneau-Monten, Arlo Green

- Cinematography       : Peter McCaffrey, Simon Raby

- PH                             : Blumhouse Productions, Atomic Monster Productions, Divide/Conquer

- Distribusi                  : Universal Pictures

- Durasi                       : 102 menit

Diberdayakan oleh Blogger.