Rumitnya Menjadi Agen Rahasia di “Operation Fortune, Ruse De Guerre”


Jakarta, DJC – Bisa dibayangkan, film-film yang dibitangi oleh Jason Statham akan menghadirkan aksi pertarungan yang seru dan terkesan sadis. Apalagi jika membintangi sebagai seorang agen rahasia. Tapi bagaimana jadinya jika sang agen ini bekerja dengan ke-canggungan? Walaupun tetap menampilkan aksi beladiri yang menarik, tapi kecanggungan membuat film ini tidak selalu menawarkan ketegangan, justru menghadirkan nuansa komedi, yang membuat film “Operation Fortune, Ruse De Guerre” semakin seru.

            Film bergenre action arahan sutradara Guy Ritchie ini sepertinya memotret sudut pandang berbeda dari aksi seorang agen rahasia. Walaupun tetap menawarkan ketegangan, dengan aksi gebuk-gebukan, rentetan tembakan lengkap dengan aksi memacu kendaraan, film ini juga menawarkan drama komedi, dari kecanggungan para agen yang bertugas. Tentu saja masih menawarkan cerita konspirasi, dan aksi penyelamatan dunia.

            Berkisah, sebuah laboratorium rahasia di Inggris diserang teroris. Akan tetapi tidak diketahui, apa yang dicuri dari laboratorium tersebut, apa gunanya, dijual kepada siapa, dan siapakah dalangnya? Agar tidak menjadi kehebohan dunia, pemerintahan Inggris akhirnya mempekerjakan kontraktor agen swasta yang dipimpin Nathan Jasmine (Cary Elwes), untuk mengungkap misteri tersebut. Nathan kemudian mengajak agent terbaiknya, Orson Fortune (Jason Statham). Tapi karena banyak agen-nya berbelot, termasuk ke kontraktor saingan, Nathan akhirnya merekut agen dari Amerika. Sarah Fadel (Aubrey Plaza), agent cantik yang jago meretas komputer, dan dibantu oleh J.J. Davies (Bugzy Malone) yang memiliki berbagai keahlian yang diandalkan.

            Disinilah kecanggungan mulai terjadi, keterlibatan Orson yang awalnya tidak disetujui oleh pemerintahan Inggris karena masalah kepribadian yang sulit dikontrol, harus bekerjasama dengan orang-orang baru yang jauh dari karakternya. Apalagi Orson biasa bekerja sendiri. Akan tetapi mau tidak mau mereka harus bekerjasama, karena yang dihadapi merupakan konspirasi teroris dari banyak negara. Berbagai keahlian dari 3 agen ini harus bisa bersinergi, walaupun sering terjadi perbedaan kebiasaan yang sering membuat canggung. Hal yang cukup sukses menciptakan komedi situasi yang segar.

            Mereka harus bisa mendekati milyarder eksentrik dan flamboyan, Greg Simmonds (Hugh Grant) yang terkenal susah disentuh. Greg kabarnya menjadi perantara untuk penjualan barang yang dicuri teroris. Untuk bisa mendekatinya, para agen merekut Danny Francesco (Josh Hartnett), aktor kenamaan yang diidolakan oleh Greg. Kecanggungan semakin menjadi, Danny yang seorang aktor harus berurusan dengan para teroris pembunuh yang hanya pernah dia hadapi di sekenario film saja. Apakah kecanggungan dari mereka ini sukses mengungkap misteri barang curian? Dan apakah kolaborasi mereka berhasil mengungkap konspirasi yang mengacam dunia? Atau bahkan mereka justru hadir menimbulkan banyak kekacauan?

            Film Action di balut dengan nuansa Thriller dan komedi ini sangat menarik. Keluar dari kisah film sejenis yang selalu menawarkan ketegangan dan romansa. Walaupun alur ceritanya mudah dicerna, akan tetapi banyak hal mengejutkan yang membuat film ini tidak mudah ketebak pada awal-awalnya. Ditambah sisi cinematography yang sanggup mendukung aksi pertarungan yang menegangkan.

Pilihan pemeran diatas memang cukup pas menjadi sinergi, aksi si mantan atlit Jason Statham yang dingin, Aubrey Plaza si sexy yang cerdas, hingga Cary Elwes yang bossy. Dan yang paling menarik adalah peran Hugh Grant yang sepertinya berhasil keluar dari image yang melekat pada kariernya. Aktor Inggris ini sukses memerankan milyarder flamboyan dan eksentrik yang kadang menyebalkan. “Operation Fortune, Ruse De Guerre” ini bisa menjadi tontonan yang sangat menghibur, ditengah rumitnya kemacetan, atau untuk menghilangkan kepenatan dari aktifitas seharian yang melelahkan. Apalagi kamu pecinta film-film bergenre Action-Thriller-Comedy. (sTr)

 

 

Operation Fortune Ruse De Guerre

Genre Film                  : Action, Thriller, Comedy

Produser                      : Guy Ritchie, Ivan Atkinson, Bill Block

Sutradara                     : Guy Ritchie

Penulis                         : Guy Ritchie, Ivan Atkinson, Marn Davies

Casts                           : Jason Statham, Aubrey Plaza, Josh Hartnett, Cary Elwes, Bugzy Malone, Hugh Grant, Eddie Marsan, Max Beasley, Lourdes Faberes, Kaan Urgancioglu, Peter Ferdinando

Cinematography          : Alan Stewart

Durasi                          : 114 Menit

PH                               : Lionsgate, Miramax, STX film

Diberdayakan oleh Blogger.