Drama Pertarungan Ganas Di Atas Ring “Creed III”


Jakarta, DJC – Kisah bertema olah raga, apalagi olah raga tinju memang menarik di angkat di layar lebar. Sejak film fenomenal, “Rocky” dirilis, diakui tidak banyak film bertema tinju yang mendapat sukses luar biasa. Apalagi hingga dibuat sequel. Tapi film “Creed” nyatanya berhasil membuktikan. Walaupun tidak sefenomenal film “Rocky”, film ini terbukti sangat diminati. Hal yang menarik, film “Creed” merupakan kelanjutan kisah, atau di adaptasi dari film “Rocky”, walaupun sebenarnya tidak berhubungan secara produksi.

            Di ilhami dari film karya Sylvester Stallone, dimana tokoh Creed adalah anak atau keturunan dari Apollo Creed, lawan tanding yang kemudian menjadi sahabat Rocky. “Creed” sendiri menjadi film yang mendulang kesuksesan di pasar. Hingga akhirnya film ini dibuat berseri. Pada tahun 2023 kali ini sudah masuk “Creed III”, karya sutradara Michael B. Jordan, yang sekaligus menjadi pemeran utamanya. Sedangkan naskah / cerita ditulis oleh Ryan Coogler, Keenan Coogler dan Zach Baylin. Nama Sylvester Stallone juga masih terlibat. Kalau di “Creed 1 & 2”, Sylvester Stallone ikut juga berperan dan merangkap sebagai producer, tapi di “Creed III” ini, aktor kawakan ini hanya bertindak sebagai producer saja. Akan tetapi cerita yang disajikan masih tetap menarik.

            Masih diperankan oleh Michael B. Jordan sebagai Adonis Creed, yang dalam film kali ini sudah memilih pensiun sebagai petinju setelah memenangkan berbagai kejuaraan tinju dunia. Adonis menikah dengan Bianca Taylor (Tessa Thompson) yang seorang producer / penyanyi dan memiliki seorang anak disabilitas, Amara Creed (Mila Davis-Kent) yang memerlukan perhatian lebih. Adonis mengelola sasana tinju dan mempersiapkan petinju berbakat, Felix Chaves (Jose Benavidez) sebagai juara dunia.

  


          Tiba-tiba datang sobat kecil Adonis yang mantan juara tinju Damian "Dame" Anderson (Jonathan Majors) yang baru keluar dari penjara. Adonis menampung sahabatnya di sasana tinju. Tapi kemudian Dame malah ingin menjadi petinju profesional dengan cara melawan Felix Chaves. Hal yang tidak memungkinkan, karena Dame tidak punya peringkat dan sudah terlalu tua. Kainginannya akhirnya terpenuhi, setelah lawan main Felix, Viktor Drago (Florian Munteanu) bermasalah dengan hukum dan tidak bisa bertanding. Adonis mempertemukan Dame dengan Felix.


            Dame rupanya menyimpan amarah saat bertanding, yang menyebabkan Felix terluka parah. Setelah memenangkan pertandingan dengan Felix, sifat brutal Dame semakin kelihatan. Disisi lain Dame menyimpan dendam, dan menyalahkan Adonis sebagai penyebab dia masuk penjara. Dame bahkan menantang Adonis yang sudah pensiun untuk melawannya di ring tinju. Apakah tantangan ini dilayani Adonis, yang juga sedang punya masalah dengan keluarganya? Apalagi Adonis susah lama pensiun dari ring tinju. Apakah keduanya bisa berdamai, atau malah akan bertarung dengan sengit?

            Masih menampilkan adegan pertandingan tinju yang seru. Aplagi didukung dengan special effect dan cinematography yang apik. Setiap adegan tinju yang ditampilkan sukses menghadirkan nuansa ketegangan. Inilah salah satu kelebihan sang sutradara, yang sukses mengambil sudut pandang terbaik dalam menyajikan adegan tinju. Peran Michael B. Jordan, terutama karakter antagonis Jonathan Majors juga berhasil mendukung kekuatan cerita. Tidak hanya menampilkan adegan gebug-gebugan di ring tinju, cerita drama yang disajikan membuat film ini jauh dari kesan membosankan. Percampuran adegan drama dengan ganasnya pertarungan di ring tinju, sukses disajikan dengan menawan. Kombinasi menarik, seperti film sukses “Rocky”. (sTr)

 

“Creed lll”

Sutradara                     : Michael B. Jordan

Penulis                         : Ryan Coogler, Keenan Coogler, Zach Baylin

Screenplay                   : Keenan Coogler, Zach Baylin

Producer                      : Irwin Winkler, Charles Winkler, William Chartoff, David Winkler, Ryan Coogler, Michael B. Jordan, Elizabeth Raposo, Jonathan Glickman, Sylvester Stallone

Pemeran                      : Michael B. Jordan, Tessa Thompson, Jonathan Majors, Wood Harris, Florian Munteanu, Phylicia Rashad

Cinematography          : Kramer Morgenthau

Music                          : Joseph Shirley

PH                               : Metro-Goldwyn-Mayer Pictures, Chartoff-Winkler Productions, Proximity Media, Outlier Society

Distribusi                     : United Artists Releasing (United States), Warner Bros. Pictures (International)

Durasi                          : 116 Menit

Diberdayakan oleh Blogger.