Mengenal Indahnya Tanjung Papuma di Jember

Tanjung Papuma (djakartaconnection.com)

 Jember, DJC – Banyak wisata pantai di Indonesia, yang menawarkan eksotsime keindahan pasir putih. Salah satunya adalah, obyek wisata tersebunyi bernama Tanjung Papuma. Yang berada di Desa Lolejer, Kec. Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kenapa disebut tersembunyi, karena wisata pantai ini memang tidak dipromosikan secara besar-besaran, akan tetapi, keindahan alamnya yang  memang sulit untuk disembunyikan. Dan diekspose secara masiv oleh para netizen hingga dikenal luas sampai ke manca negara.


            Papuma sebenarnya merukan singkatan dari Pasir Putih Malikan. Merupakan obyek wisata berbentuk daratan yang menjorok ke laut, dengan gugusan karang berbagai ukuran, dan tebing yang berpadu dengan hamparan laut menjadi pemandangan yang menawan. Tentu saja pesona hamparan pantai pasir putihnya yang juga menggoda. Apalagi jika berada di salah satu bukit karang, kamu tidak hanya bisa menyaksikan hamparan keindahan pantai, banyaknya bebatuan hingga warna pasir putih yang mendominasi. Dari bukit karang yang terdapat jalan setapak menuju puncaknya, kamu juga akan bisa menikmati indahnya sunset. Dan yang lebih menarik lagi, pada waktu tertentu, air laut tidak hanya berwarna biru, tapi juga muncul warna hijau toska. Sungguh sebuah pemandangan yang langka, dan jarang didapatkan di banyak pantai di dunia.


            Selain pemandangan nuansa pantai, di obyek wisata ini kamu juga bisa menikmati nuansa hutan yang tidak kalah menariknya. Apalagi masih terdapat hewan asli hutan sekitar pantai, seperti monyet Jawa yang akan sering menampakan dirinya. Di wilayah ini juga terdapat area camping atau menginap di Foresta Resort Papuma.

            Tidak jauh dari lokasi Papuma, juga terdapat obyek wisata yang iconic yang bernama pantai Watu Ulo. Dalam bahasa indonesia berarti pantai Batu Ular, yang berupa sebuah batu yang menjorok ke laut. Batu bersisik ini memang tampak seperti tubuh ular yang mengarah ke laut. Menurut legenda, batu ini memang potongan dari ular mitos yang terpotong dan akhirnya menjadi batu.



            Pantai Papuma, berada sekitar 40 Km dari arah kota Jember. Dengan jarak tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam. Disarankan menggunkan kendaraan pribadi atau sewaan, karena sejauh ini tidak ada transportasi khusus untuk menuju lokasi obyek wisata. Perjalan menuju lokasi wisata, juga menyajikan pemandangan yang juga menarik. Karena kamu akan melewati indahnya hutan Jati. Apalagi saat masuk lokasi wisata, banyak jalan berkelok naik turun, yang akan menambah seru perjalanan menuju pantai. Semakin memacu adrenalin jika kamu menggunakan sepeda motor.



            Untuk menikmati wisata pantai istimewa ini, juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Untuk tarif masuk wisatawan domestik pada hari libur, Sabtu, dan Minggu dikenakan biaya Rp. 20.000,-. Jika hari biasa atau hari kerja, tarif wisatawan domestik dikenakan biaya hanya Rp 15.000.- saja. Sementara untuk wisatawan mancanegara, tarifnya Rp 30.000. Tarif kendaraan roda enam adalah Rp 10.000, roda empat Rp 5.000 dan roda dua Rp 2.000.- Bagimana, tertarik untuk menikmati indahnya Pantai tanjung Papuma? (str)


Diberdayakan oleh Blogger.