Peringati Hari Kemerdekaan, Random Rilis "Semangat Merdeka"

Random (Istimewa)

 Jakarta, DJC – Banyak cara untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Salah satunya dengan membuat lagu bertema kemerdekaan. Hal inilah yang dilakukan unit punk veteran asal Bekasi, Random. Band berawak Arez (gitar/vocal), Ichank Roxx (gitar) Epoy (bass) dan Goya (drum) ini baru saja melepas single bertajuk "Semangat Merdeka" dibawah bendera NewHope Records, tepat pada peringatan HUT RI ke 78, pada 17 Agustus 2023. Tentu saja lagu ini dipersembahkan untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia.

            "Karya ini tercipta setelah Random kembali lagi dengan personel lengkap di tahun 2023 ini, kemudian kami memutuskan untuk mulai berkarya kembali," Ungkap Arez, mengenai single terbarunya tersebut.

            Random sendiri merupakan band yang cukup dikenal di skena musik Punk Indonesia. Berdiri pada tahun 1977 lalu, akan tetapi band ini sempat vakum pada 2006 silam dan akhirnya bangkit kembali pada akhir 2022 lalu, setelah berhasil melengkapi formasi band ini. Tidak hanya berkumpul dengan formasi lengkap, mereka akhirnya bersepakat untuk kembali berkarya.

Untuk proses penggarapan single ini, mereka melibatkan nama Gilang, gitaris band pop punk, No Gigs Still Party, Gilang termasuk memiliki peran penting saat Random kembali ke panggung musik. Bahkan juga dipercaya untuk menyutradarai musik video unuk lagu "Semangat Merdeka" ini, yang mengusung tema persaudaraan skena Merdeka. Musik viddeo ini mengambil lokasi syuting di Kahuripan Skatepark, Parung. Single ini memang sengaja dirilis pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, dan diharapkan menjadi suntikan semangat dan harapan serta cita-cita yang ingin dicapai setiap insan manusia.

Menurut Ichank lagu ini mewakili semangat mereka, "Liriknya memuat ajakan untuk jangan pernah patah semangat menuju masa depan, dengan cara bersatu dan bersama-sama tanpa terkecuali, seiring kemerdekaan yang dimiliki setiap orang saat ini. Sekaligus menggambarkan sikap Random yang peduli terhadap kehidupan sosial, tanpa ada batasan, pengotakan-kotakan atau embel-embel lainnya," ungkap gitaris ini, menambahkan.

Jika dibandingkan dengan lagu-lagu Random sebelumnya, karakter musik di lagu terbaru ini memang terkesan berbeda. Menurut Epoy, aransement di lagu ini sengaja memasukan unsur ska, reggae hingga metal, Karakter musik sebagai bentuk eksplorasi yang segar dari para personel.

"Genre yang dipilih memang berbeda dari genre sebelumnya. Dari single ini, pendengar akan menemukan gubahan musik yang cepat khas Random, dengan menambahkan unsur ska, reggae dan sedikit sentuhan metal, dengan tempo musik yang bervariasi. Apalagi dengam lirik yang kuat dan positif.” Tutup Epoy. (sTr)

Diberdayakan oleh Blogger.