“Bangku Kosong: Ujian Terakhir” Hanya Tawarkan Kengerian Dari Ceceran Darah


Jakarta, DJC – Setelah terhitung sukses merilis film “Hati Suhita” di bulan Mei tahun 2023 ini, Starvision kembali merilis film baru ber-genre horror. Kali ini film “Bangku Kosong: Ujian Terakhir” yang akan resmi diputar di bisokop tanah air mulai 5 Oktober. Horror lagi, Horror lagi, trend film seram ini memang lagi booming beberapa waktu terakhir. Tentunya akan memacu para kreator untuk bisa menghadirkan tontonan yang inovatif. Pilihan film ini menurut sang produser dari Starvision, Chand Parwez Servia, yang ingin kembali menghidupkan intellectual property (IP) populer mereka, yaitu film Hantu Bangku Kosong yang tayang di bioskop pada 2006 lalu, dan menjadi salah satu film horror ikonik Indonesia. Film “Bangku Kosong: Ujian Terakhir” ini disutradarai Lakonde, dengan skenario ditulis oleh Alim Sudio, dan sebagai produser kreatif dan ide cerita oleh Monty Tiwa dan produser Chand Parwez Servia.

Film ini-pun menampilkan puluhan pemeran yang rata-rata muka baru di pentas sinema Indonesia. Yang menurut sang produser untuk mencari wajah baru atau regenerasi. “Karya Starvision dikenal karena nilai abadinya, dan bukan sekedar daya tarik komersialnya. Sehingga kami juga mampu meraih penghargaan secara lokal maupun internasional. BANGKU KOSONG: Ujian Terakhir akan menjadi sajian horror Indonesia yang berasal dari IP populer kami, Hantu Bangku Kosong yang mendapat apresiasi luar biasa saat penayangannya. Dengan generasi baru penonton saat ini, Starvision ingin menghadirkan kembali IP populer tersebut dalam cerita baru yang memiliki kedekatan dengan generasi penonton muda karena semakin sering kasus bangku kosong terjadi di berbagai sekolah, dan ditampilkan dengan peningkatan production value yang akan memberikan pengalaman nonton menjadi lebih menarik,” Tambah sang produser Chand Parwez Servia.

 


Hanya Tawarkan Ceceran Darah

Film ini berkisah sebuah SMA yang dipimpin Ibu Amanda (Karina Suwandi) sedang menggelar ujian terakhir. Tapi tiba-tiba ada siswa yang kerasukan saat ujian telah selesai. Tidak hanya itu, kerasukan ini juga merambat ke beberapa siswa, dan berubah menjadi teror yang mencekam. Karena arwah yang merasuki siswa SMA tersebut akan menghalangi dan tidak segan membunuh murid-murid yang akan meninggalkan sekolah. Melihat hal yang sudah menjadi tak terkendali, ibu Amanda segera minta bantuan seorang paranormal Abah Ayub (Teddy Syach) dan asistennya, Nakila (Lania Fira), untuk menyelamatkan sekolahnya.

Tidak mudah menyelesaikan masalah tersebut, apalagi kerasukan menjadi semakin masiv. Ternyata, yang mereka hadapi merupakan arwah iblis berkekuatan luar biasa yang berniat menghabisi siapapun di sekolah ini. Hingga muncul orang dari masa lalu Ujang Pegat (Andi /rif) yang memang menaruh dendam tidak hanya pada SMA tersebut dan Ibu Amanda, akan tetapi juga punya masalah yang belum selesai dengan Abah Ayub.

Me-remake film sukses sebelumnya (film “Hantu Bangku Kosong”) bukanlah hal yang mudah. Apalagi trend film horror memang lagi bergejolak, dengan beberapa judul film yang sangat mengemuka, bahkan beberapa diantaranya cukup fenomenal. Hal ini semakin terasa sulit saat Starvision cukup berani menjajal banyak nama baru sebagai pemeran dengan minim pengalaman. Naskah atau ide cerita yang tidak kuat dan terasa mengambang membuat alur film “Bangku Kosong: Ujian Terakhir” seperti kehilangan arah. Tidak kuatnya profil dan latar belakang dari masing-masing tokoh, yang membuat beberapa pemeran justru tidak bisa mengeksplorasi kemampuan aktingnya dengan leluasa. Sehingga film ini hanya mau menyajikan ceceran darah dengan kisah pembunuhan sadis dari siswa yang kerasukan.

Di film ini, penonton hanya dibuat tegang dengan siswa kerasukan yang mampu melakukan pembunuhan sadis dengan berbagai alat yang ada di sekitanya. Tanpa kekuatan naskah. Kabarnya naskah film yang ditulis hadir dari banyak ide, dan meramu dengan kisah di film “Hantu Bangku Kosong” (2006). Film yang saat itu menjadi booming, bisa jadi karena di era pertegahan tahun 2000-an belum banyak muncul film horror tanah air yang fenomenal. Beberapa muka baru yang harusnya bisa menjadi generasi pemeran masa depan, justru diberi kesempatan minim untu menunjukan performanya, karena terlalu banyak pemeran lain yang juga berusaha ditampilkan. Hal ini juga terbawa pada pemeran yang lebih senior seperti Karina Suwandi dan Teddy Syach. Tapi bagi kamu yang suka film horror yang menghadirkan ketegangan berdarah-darah tanpa harus mikir dengan ceritanya, film ini sih bisa juga dijadikan pilihan. (sTr)

 

 

“Bangku Kosong: Ujian Terakhir”

 

Pemain:

Karina Suwandi - Amanda Kartanegara

Teddy Syach - Abah Ayub

Lania Fira - Nakila

Maisha Kanna - Nala

Emiliano Cortizo - Ariel

Dinda Mahira - Inka

Emyr Razan - Pasha

Andy /rif - Ujang Pegat

Haydar Salishz - Yudhi

Aida Nurmala - Maning

Alex Rio - Ruslan

Reynavenzka Deyandra - Lidya

Barbie Arzetta - Karina

Andri Sulistiandri - Dadang

Ridwan Kainan - Urip

Irgi Fahrezi - Ridwan Kartanagara

Jameelah Saleem - Amanda Remaja

Jessica Taroreh - Indri

Bintang Agara - Brandon

Rachel Patricia - Geeta

Zidane Khalid - Vincent

Alexzander Wlan - Anton

Naomi Ivo - Alya

Toby Armstrong - Indra

Fiorenza Celesta - Sisil

Jihan Sherlyna - Linda

Allesandrio Karamoy - Radit

Tyan Anugrah - Togar

Florian Rutters - Doni

Neysa Chandria - Ika

Benjamin Rebeca - Rama

Deirda Tahier - Fadly

Sherry Jolieca - Barbie

Josevanie Allestra - Ayu

Zaki Malik - Riko

Dosi Nada - Devi

 

-          Genre: Horror

-          Produksi: Starvision  

-          Produser: Chand Parwez Servia Fiaz Servia

-          Produser Kreatif: Monty Tiwa

-          Sutradara: Lakonde

-          Produser Eksekutif: Riza Reza Servia Mithu Nisar Raza Servia Amrit Dido Servia

-          Penulis Skenario: Alim Sudio Ide Cerita Monty Tiwa

-          Ko Produser: Sumarsono

-          Produser: Lini Ika Muliana

-          Penata Artistik: Fauzi

-          Penata Kamera: Jimmy Fajar Penyunting Gambar Wawan I. Wibowo

-          Penata Suara: M. Ikhsan Sungkar

-          Penata Warna: A Kamal Ghani

-          Penata Efek Visual: The Organism

-          Penata Grafis: Ryan Iradat

-          Perekam Suara: Adimolana Machmud

-          Penata Musik: Andhika Triyadi

-          Penata Casting: Arief Havidz Nita Yanuarti

-          Penata Rias & Efek: Cherry Wirawan Agustin Puji

-          Penata Busana: Aldie Harra

-          Perancang Poster Alvin Hariz

-          OST the moon is not here - nou

 


Diberdayakan oleh Blogger.