“It Lives Inside” Melawan Iblis Di Dalam Tubuh

Jakarta, DJC – Banyak kisah budaya sebuah bangsa, yang menjadi ide cerita sebuah film. Termasuk film bergenre horror, yang sering mengankat dari sebuah budaya atau cerita rakyat negara tertentu. Hal ini juga dilakukan di film It Lives Inside arahan sutradara Bishal Dutta. Walaupun film ini produksi Amerika, akan tetapi ceritanya mengambil dari unsur budaya India, negara asal sang sutradara. Naskah yang ditulis oleh sang sutradara bersama Ashish Metta, sebenanya berkisah tentang remaja India-Amerika yang terjebak dengan kemampuan iblis jahat, seperti cerita yang mereka sering dengar dari orang tuanya saat tumbuh remaja.

            Dikisahkan, Samidha / Sam (Megan Suri) yang besar di Amerika sudah mulai kehilangan / melupakan identitas budaya asalnya. India. Padahal sang ibu Poorma (Neeru Bajwa) selalu menjaga identitas / tradisi budaya tersebut. Sam memiliki teman kecil Tamira (Mohana Krishnan) yang sepertinya bermasalah. Saat Tamira meminta bantuaannya, justru Sam tidak mempercayai sahabatnya itu, dan memecahkan botol yang selalu dibawa Tamira. Aksi Sam ini tanpa disadari justru menimbulkan bencana baru, karena melepas sosok iblis Jahat dalam botol yang akan mengusai manusia dari dalam tubuhnya.

            Saat Tamira dikabarkan menghilang misterius, Sam yang awalnya tidak percaya dengan berbagai mitos akhirnya dibawa ke sebuah cerita yang pernah didengarkan saat kecil. Cerita mengenai iblis jahat bernama Pishach, yang berasal dari tanah leluhurnya India. Iblis yang mulai terlepas ini, berusaha mencari mangsa dengan memakan tubuh korbanya dari dalam. Dan sudah memakan korban, dari hilangnya Tamira, kematian misterius Russ (Gage Marsh) teman sekolah Sam, hingga sang guru Joice (Betty Gabriel) yang diserang. Sam, bersama sang ibu akhirnya melakukan ritual Hindu untuk melawana iblis tersebut. Sebuah ritual yang belum pernah dilakukan oleh Sam sebelumnya. Bisakah ritual ini melawan keganasan sang iblis?

            Sebagai film horror,It Lives Inside ini mampu memberikan berbagai kejutan saat adegan kemunculan Pishach. Kemunculan yang tiba-tiba dan banyak menampilkan bayangan hitam, memang sukses menghadirkan nuansa tegang. Sang sutradaara cukup berhasil mengambil sudut gambar yang tepat untuk adegan tersebut. Akan tetapi justru ketegangan berkurang saat wujud asli dari Pishach dimunculkan hampir utuh. Lebih menarik dan terasa seram saat hanya muncul sebagai bayangan hitam saja.

            Film ini sebenarnya menghadirkan cerita cukup ringan. Mengankat mitos atau kisah dari budaya Hindu, India memang menjadi hal yang fresh untuk film horror produksi Amerika. Kisah kekejaman Pishach dan bagaimana cara melawannya, menjadi ide menarik yang di angkat di film ini. Disisi lain, sang sutradara juga mengangkat fenomena yang terjadi di negara tesebut, dimana warga keturuan sudah tidak tertarik akan tradisi asalnya, atau mulai luntur budaya leluhurnya. Film ini juga dibumbui drama remaja anak sekolah SMA, yang membuat caritanya semakin berkembang. Tegang tapi disisipi unsur drama dan kisah yang relate di warga keturunan di negara Amerika. (sTr)

 


It Lives Inside

Genre Film                  : Drama, Horror, Thriller

Produser                      : Arielle Boisvert, Jeff Deutchman, Ryan Friscia, Edward H. Hamm Jr., Jameson Parker

Sutradara                     : Bishal Dutta

Penulis                         : Bishal Dutta, Ashish Metta

Casts                           : Megan Suri, Neeru Bajwa, Mohana Krishnan, Betty Gabriel, Vik Sahay, Gage Marsh, Jamie Ives, Siddhartha Minhas, Saisha Muni, Paige Shaw, Sangeeta Wylie

Cinematography          : Matthew Lynn

STLS                           : Dewasa 17 Tahun Keatas

Durasi                          : 99 Menit

PH                               : Neon, Qc Entertainment, Brightlight Pictures

Distribusi                     : Neon

 

 
Diberdayakan oleh Blogger.