Film #OOTD Drama Dan Konflik Berlatar Belakang Dunia Fesyen


 Jakarta, DJC – Sebuah film yang mengambil kisah drama yang komplek (persahabatan, asmara, persaingan, pengkhianatan dll) memang menjadi santapan para sineas dalam membuat karya. Banyak film dengan genre sejenis yang terhitung sukses di pasaran. Akan tetapi ada hal yang berbeda disajikan di film #OOTD (Outfit Of The Designer) produksi NIH Pictures Indonesia. Walaupun bergenre drama, akan tetapi film yang disutradarai oleh Dimas Anggara dan diproduseri oleh Delly Malik dan Herry Sobiran ini mengangkat dunia fesyen sebagai latar belakangnya. Walaupun kisah yang diangkat di film ini tidak beda jauh dari film drama kebanyakan, yaitu kisah dengan berbagai konflik yang komplek, dengan Plot Twist Mulai dari Persahabatan, Persaingan, Pengkhianatan hingga Toxic Relationship. Sederet bintang terlibat di film ini, seperti Jihane Almira, Rangga Nattra, Asmara Abigail, Givina Lukita, Jolene Marie, Derby Romero, Shelomita Diah, Widyawati, dan Indra Brasco.

Ada beberapa fakta menarik di film ini. Pertama, pastinya banyak menampilkan berbagai produk fesyen menawan yang digunakan pemerannya, untuk itu #OOTD melibatkan atau berkolaborasi dengan 19 desainer ternama Indonesia, Kedua, film ini merupakan film berdurasi panjang pertama yang disutradarai oleh Dimas Anggara. Ketiga, kisah atau cerita di film ini adalah karya dari Delly Malik yang menurutnya diambil dari kisah nyata di seputar dunia fesyen yang pernah digelutinya. Dan fakta terakhir (ke empat), sebagian besar pemerannya justru mengaku tidak mengenal dunia fesyen sebelumnya. Akan tetapi hal inilah yang menjadi sinergi unik untuk film ini.

Menurut Dimas Anggara, kepada awak media saat menggelar press screening di XXI Epicentrum. Kuningan, Jakarta Selatan (22/01/24) mengungkapkan, lewat film ini ia ingin menyampaikan pesan tentang setiap orang memiliki perjuangannya masing-masing. Di samping itu, dengan berkolaborasi bersama para desainer ternama Indonesia Dimas juga ingin menunjukkan bahwa karya fesyen Indonesia memiliki nilai tinggi di mata internasional.Di film ini semuanya adalah pejuang. Setiap karakter memiliki perjuangannya masing-masing. Kami juga ingin menunjukkan, produk Indonesia itu sangat kaya di mata internasional. Tapi kita terkadang kurang menyadari hal itu. Karena ketika kita menggunakan produk lokal di luar negeri, justru mereka sangat melirik kita,” Ungkap Dimas lebih lanjut.

Sedangkan menurut Delly Malik, mengatakan, “Film “#OOTD” ini mengangkat tentang perasaan yang dikhianati, perasaan dicintai, di-ghosting, dan berada di hubungan yang toxic. Saya pikir ini adalah tema yang juga akan sangat relate dengan anak muda sekarang. Semoga cerita ini bisa mewakili perasaan teman-teman yang juga tengah berjuang untuk keluar dari rasa sakit dalam hubungan romansanya saat ini, dan sosok Nare bisa menginspirasi kalian

#OOTD berkisah, Nare (Jihane Almira), mahasiswi desainer fesyen yang sedang kuliah di Birmingham. Disini Nare dekat dengan fotografer bernama Bagas (Rangga Natra) yang banyak membantu dan mendorongnya untuk terus berkembang di dunia fesyen. Bagas adalah fotografer asal Indonesia yang dikenalkan oleh Luni (Asmara Abigail), sahabat sekampus dari Nare. Kedekatan Nare dan Bagas yang sering bekerjasama, membuat keduanya-pun menjalin asmara. Akan tetapi hal ini tidak disukai oleh Luni, yang diam-diam juga menyukai Bagas. Berbagai intrik akhirnya dilakukan Luni untuk merusak hubungan keduanya. Muncul pula Azka (Derby Romero) yang berusaha melakukan segala cara untuk bisa mendapatkan Nare. Belum lagi kisah tragis yang menimpa Mala )Givina Lukita) sahabat Nare.

Plot twist yang disajikan pada kisah di film ini, tentunya menjadi sebuah bumbu yang memperkuat latar belakang masing-masing tokoh. Ceritanyapun semakin lebar, apalagi jika saling berkaitan yang akan membuat penasaran dan sanggup memutar balikan emosional para penonton. Akan tetapi disisi lain, durasi sebuah film yang terbatas, membuat sang sutradara harus bisa mengakali atau menyingkat cerita dengan baik. Hal inilah yang dirasakan di film ini. Saking banyaknya cerita di seputar kehidupan Nare dan sahabat-sahabatnya, justru beberapa kisah tersebut malah berakhir dengan kesan terburu-buru atau digampangkan. Diakui memang tidak mudah membuat plot twist yang bisa memuaskan semuanya (penulis, sutradara dan penonton).

Akan tetapi ide kisah di film ini memang cukup menark. Apalagi dengan mengangkat fesyen kearifan lokal. Dengan berbagai outfit yang dikenakan tokoh di film ini dari bahan tradisional yang di modernkan dan sangat fashionable. Hal ini yang mungkin berhasil diangkat di film ini. Apalagi dengan cinematogaphy yang menawan. Dengan pengambilan sudut gambar yang apik yang bisa mengangangkat aura outfit yang digunakan masing-masing pemeran. Belum lagi akting Jihane Almira dan Asmara Abigail yang terasa sangat pas untuk tokoh yang diperankan. #OOTD menjadi kisah drama yang berhasil disajikan secara berbeda (sTr)

 

“OOTD”

Genre Film                  : Drama

Produser                      : Delly Malik, Herry Sobiran

Sutradara                     : Dimas Anggara

Penulis                         : Noah Boyd, Matt Johnson, Marc Moss, Pete Travis, Hanna Weg

Pemeran                      : Jihane Almira, Rangga Nattra, Asmara Abigail, Givina Lukita, Jolene Marie, Derby Romero, Shelomita Diah, Widyawati, Indra Brasco

Cinematography          : Faozan Rizal

STLS                           : 17 Tahun

PH                               : NIH Pictures

Tanggal Tayang          : 25 Januari 2024

 

Diberdayakan oleh Blogger.