“Sound Of Freedom” Kisah Heroik Melawan Kartel Perdagangan Anak


Jakarta, DJC Jika sebuah film diilhami dari sebuah kisah nyata, akan membuat ceritanya menjadi semakin menarik. Apalagi jika dikemas dengan penyutradaraan yang apik. Jadilah sebuah film epic dibalut kisah drama yang emosional. Hal inilah yang ditampilkan di film Sound Of Freedom arahan sutradara Alejandro Monteverde. Film ini memang diilhami dari kisah nyata, yaitu kisah Tim Ballard, seorang agen FBI yang berhasil menyelamatkan puluhan anak yang diculik dan dijual untuk para prdofilia dari kartel penyelundupan manusia. Kisah kesuksessan inilah yang akhirnya diangkat di layar lebar, dimana naskahnya ditulis oleh sang sutradara bersama dengan Rod Barr, Yang menarik, Tim Ballard sendirilah yang meminta aktor Jim Caviezel untuk memerankannya di film ini. Hal ini disebabkan, karena Tim Ballard terkesan dengan akting Jim Caviezel di film The Count of Monte Cristo (2002).

            Film ini berkisah tentang aksi seorang agen bernama Tim Ballard yang berusaha membongkar jaringan penculikan dan penjualan anak-anak. Setelah diselidiki lebih dalam, ternyata berbagai penculikan ini untuk konsumsi para pedofilia. Tim akhirnya berhasil menangkap pelaku pedofilia ini, dan menyelamatkan seorang anak bernama Miguel Aguilar (Lucás Ávila). Dari Miguel inilah Tim mendapat info bahwa kakaknya Rocío Aguilar (Cristal Aparicio) dan beberapa orang lagi, masih disekap oleh kartel yang menculiknya. Miguel meminta Tim untuk menolong kakaknya. Merasa bersimpati, Tim bersikeras untuk menyelamatkan Rocio walaupun harus dengan cara indipendent, karena hal ini ditentang oleh pimpinannya Frost (Kurt Fuller), yang berpendapat kalau Rocio diperkirakan jauh dari wewenang mereka, yaitu di Kolombia.

            Akan tetapi karena kemauan yang keras dari Tim, akhirnya Frost menyetujui rencana aksi independent dari anak buahnya tersebut. Tim-pun berangkat ke Kolombia seorang diri, Di negara ini Tim dibantu polisi lokal, Jorge (Javier Godino) yang kemudian memperkenalkan dengan Vampiro (Bill Camp) yang tau banyak seluk beluk Kartel di Kolombia. Akan tetapi tidak mudah menyelamatkan anak-anak korban perdagangan sex tersebut. Mereka harus menghadapi Kartel ganas, yang melibatkan mantan ratu kecantikan Kolombia, Giselle (Yessica Borroto). Tidak hanya itu, Tim harus masuk ke pedalaman Kolombia yang tidak ramah, karena dikuasai oleh pemberontak bersenjata pimpinan El Alacrán atau "The Scorpion" (Gerardo Taracena).

            Alur cerita di film ini memang terkesan panjang, karena segala sesuatunya ditampilkan dengan latar belakang yang cukup ditail. Alejandro Monteverde memang sengaja membawa penonton ke perjalanan petualangan yang menegangkan, tanpa banyak memberi ruang untuk bersantai. Walaupun alur ceritanya yang komplek dengan berbagai kejadian, sutradara di film ini mempermudah dengan banyak menampilkan visual pendukung cerita. Misalnya saat anak-anak disekap di dalam kontainer. Atau saat Tim harus berhadapan dengan kartel di negara yang termasuk baru dikenalnya, yaitu di Kolombia.

            Sang sutradara sukses menghasilkan ketegangan dari rangkain cerita yang dibangunnya, alih-alih lebih banyak menampilkan tembak-tembakan karena menghadapi Kartel atau organisasi kejahatan internasional. Disinilah kelebihan Alejandro Monteverde, tidak banyak kejar-kejaran mobil atau adu senjata, tapi nuansa yang dibangun sukses membuat gemas dan geregetan (menegangkan). FilmSound Of Freedomyang diilhami dari kisah nyata ini, memiliki latar belakang cerita yang cukup kuat. Apalagi didukung pengambilan gambar (Cinematography) yang sangat tepat untuk memperkuat cerita.(sTr)

 

SOUND OF FREEDOM

Jenis Film        : Crime, Drama, Biography

Produser          : Dave Adams, Carlos Alvarez Bermejillo, Camilo Buendia

Sutradara         : Alejandro Monteverde

Penulis             : Rod Barr, Alejandro Monteverde

Produksi          : Metanoia, Santa Fe Films

Casts               : Jim Caviezel, Bill Camp, Cristal Aparicio, Javier Godino, Yessica Borroto Perryman, Manny Perez, Eduardo Verástegui, Lucás Ávila, Samuel Livingston

STLS               : 13 tahun keatas

PH                               : Santa Fe Films

Distribusi         : Angel Atudio

Durasi              : 131 Menit.

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.