“The Bricklayer” Pertarungan Seru Para Agen FBI


 Jakarta, DJC – Kebanyakan film action produksi USA hadir dengan latar belakang kisah para agen federal andalan di negara Paman Sam ini. Termasuk film terbaru besutan sutradara Renny Harlin, The Bricklayer. Sebuah kisah film yang diambil dari karya Paul Lindsay dengan judul yang sama. Bukanlah bintang laga papan atas yang dilibatkan di film produksi Millenium Media dan Eclectic Pictures ini, akan tetapi rupanya sang sutradara mampu membuat ketegangan dan keseruan di film ini. Dengan banyak menampilkan adegan perkelahian yang sadis dan rentetan tembakan dan ledakan yang mendominasi sepanjang film ini berlansgung.

            Berkisah, pembunuhan seorang jurnalis ternama di Yunani memicu ketegangan antara negara ini dengan Amerika. Seorang petinggi FBI yang oportunis, O'Malley (Tim Blake Nelson) harus turun tangan dengan mengajak agen juniornya Kate Bannon (Nina Dobrev) untuk menyelidiki kasus ini. Dan mau tidak mau mereka harus melibatkan mantan agen andalan mereka yang dianggap bermasalah, Stephen Vail (Aaron Eckhart). Stephen Vail yang sudah dinonaktifkan dari FBI adalah orang yang tepat untuk membantu menyelesaikan kasus ini. Karena akar kasus ini ternyata melibatkan masa lalu dari Stephen Vail dan kesatuannya, FBI.

            Walaupun mengetahui siapa dalang pembunuhan tersebut, tapi tidak mudah untuk menangkapnya. Apalagi dalang dari permasalahan ini, Victor Radek (Clifton Collins Jr.) juga mantan rekanan FBI yang tau banyak seluk beluk agen federal tersebut. Pembunuhan sang jurnalis ini ternyata bukan target utama, akan tetapi hanya sebagian dari target Victor Radek. Tak hanya itu, Victor Radek juga meminta tebusan besar ke pihak FBI dengan menggunakan uang digital. Kerjasama agen profesional Stephen Vail dan yang masih belia Kate Bannon tentunya banyak menemui kendala. Apalagi dikabarkan Victor Radek sudah menyusup di tubuh FBI.

            Dari sisi cerita, konspirasi dan berbagai masalah yang ditimbulkan memang terhitung komplek dan rumit. Mungkin akan lebih mudah dibayangkan jika kisah ini dibaca dalam format novel. Memang diakui, bukanlah hal gampang untuk menterjemahkan sebuah novel sukses kedalam sebuah film. Tentunya banyak penyesuaian, berhubungan dengan durasi dan sebagainya. Kisah The Bricklayerini memang cenderung rumit, dan membuat penonton harus sedikit berpikir untuk memahami alur ceritanya. Hal ini rupanya dirasakan oleh sang sutradara, yang membuat kisah di film ini lebih simple, dengan dialog-dialog yang tidak terlalu panjang dan perpindahan gambar yang berlangsung cepat. Apalagi dengan ending mengejutkan, bisa jadi jauh dari perkiraan awal sebagian besar penonton.

            Rupanya sang sutradara lebih banyak mengeksplorasi adegan laga, yang sangat mendominasi di sepanjang film. Tertutama pertarungan / duel yang di ambil dari jarak dekat. Banyak sekali aksi pertarungan tangan kosong menegangkan yang dihadirkan. Aksi tembak-tembakan, kejar-kejaran mobil dan rentetan ledakan terasa sebagai bonus keseruan yang dihadirkan di film ini. Dari sisi cinematography, film ini dirasa cukup berhasil. The Bricklayersangat cocok buat penggemar film action yang menyukai berbagai adegan laga yang seru. (sTr)

 


The Bricklayer

Genre Film                  : Action, Thriller

Produser                      : Gerard Butler, Conor Charles, Boaz Davidson, Avi Lerner, Trevor Short

Sutradara                     : Renny Harlin

Penulis                         : Noah Boyd, Matt Johnson, Marc Moss, Pete Travis, Hanna Weg

Base on                                   : The Bricklayer by Paul Lindsay

Casts                           : Aaron Eckhart, Nina Dobrev, Clifton Collins Jr. Tim Blake Nelson, Ilfenesh Hadera, Oliver Trevena, Akis Sakellariou, Ori Pfeffer, Lili Rich, Zachary Wills

Cinematography          : Matti Eerikäinen

STLS                           : 17 Tahun

Durasi                          : 110 Menit

PH                                           : Millenium Media, Eclectic Pictures

Distribusi                     : Vertical Entertainment

 

Diberdayakan oleh Blogger.