Support Produk Lokal, Pupuk Indonesia Bawa UMKM Binaan Go Global


Jakarta, DJC – Maraknya industri dalam negeri, semakin memacu para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas produknya. Tidak terkecuali UMKM di bidang wastra (warisan nusantara) dan kerajinan tangan. Melihat fenomena yang baik ini, PT Pupuk Indonesia (Persero), merasa perlu untuk mendukung usaha tersebut. Untuk itu digelarlah event Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 yang diselenggarakan di Jakarta dari tanggal 26 - 28 Februari 2024.

Acara ini sekaligus untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perkumpulan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Indonesia Grup yang ke-8. Dan diharapkan juga menjadi media pertukaran ide, dan kolaborasi yang dapat memperkaya dunia fesyen lokal. Tentu saja di gelaran ini mempertemukan puluhan UMKM binaan Pupuk Indonesia yang memiliki ratusan produk untuk ditawarkan kepada sejumlah pemangku kepentingan baik lokal maupun internasional dari berbagai negara. Untuk itu, pihak Pupuk Indonesia mengundang sejumlah pihak terkait dari berbagai negara antara lain, Duta Besar Maroko, Duta Besar Palestina, Duta Besar Polandia, Duta Besar Yordania, Duta Besar Qatar, Duta Besar Italia. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 20 UMKM binaan pupuk indonesia yang sudah mampu memasarkan produk mereka ke pasar internasional.

Digelar dengan berbagai kegiatan, diantarnya bazar UMKM yang diikuti oleh 41 peserta, yaitu 35 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup, lima established brand dan Biofarma sebagai BUMN undangan. Tidak hanya itu ada juga peragaan busana yang menampilkan produk-produk UMKM binaan yang dikolaborasikan dengan desainer terkenal dan established brand.

            Pada pembukaan gelaran ini yang bertempat di gedung Sarinah, Jl Thamrin Jakarta (26.02.24) Rahmad Pribadi, Direktur Utama Pupuk Indonesia mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah bentuk komitmen Pupuk Indonesia Grup dalam memajukan UMKM melalui program pembinaan yang berada di bawah naungan unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Lebih lanjut Ramhad mengatakan, “Melalui Pesona Kriya ini, Pupuk Indonesia memperkenalkan produk serta memperluas jaringan pasar bagi pelaku UMKM. Ajang ini sekaligus menjadi wadah bagi Pupuk Indonesia untuk mengapresiasi bakat dan kreativitas para pelaku UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Hingga saat ini, Pupuk Indonesia telah melaksanakan pembinaan dan bantuan permodalan bagi 2.221 UMKM di seluruh Indonesia. Dimana sebanyak 257 UMKM diantaranya bergerak di sektor industri termasuk industri kreatif.

Ketua PIKA-PI Grup, Tata Rahmad Pribadi turut menambahkan bahwa PIKA-PI Grup senantiasa mendukung pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Salah satu diantaranya adalah lewat kegiatan Pesona Kriya Pupuk Indonesia yang merupakan upaya bagi UMKM untuk naik kelas. Hal ini juga sejalan dengan tema HUT PIKA-PI Grup di 2024, yaitu “Women’s Support For Sustainability”.

“PIKA-PI Grup menyadari pentingnya pembinaan dan pengembangan UMKM yang selaras dalam melestarikan warisan budaya Indonesia. Kami berharap Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Selain itu, melalui kegiatan ini kami ingin memberikan peluang bagi seluruh UMKM untuk menjangkau pasar internasional,” tutup Tata Rahmad Pribadi. (sTr)

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.