Sambut Hari Kartini, D’CINNAMONS Rilis “Kartini (Perempuan Hebat)”

D’Cinnamons )istimewa)

Jakarta, DJC – Sosok Wanita hebat seperti Kartini, atau sosok seorang ibu bisa menjadi sumber inspirasi untuk sebuah karya. Hal inilah yang juga melandasi karya dari trio pop akustik asal Bandung, Jawa Barat, D’Cinnamons. Setelah merilis lagu tentang ibu batajuk “Ma…” pada Desember tahun lalu, baru saja trio berawak Diana ‘Dodo’ Widoera (gitar, vokal), Ismail ‘Bona’ Bonaventura (gitar) dan Riana ‘Nana’ Mayasari (bass) ini melepas single terbaru bertajuk “Kartini (Perempuan Hebat)”, bertepatan dengan hari Kartini. Lagu ini sebenarnya memotret sosok hebat dari seorang ibu yang lebih universal. Yang tidak beda jauh dengan single mereka sebelumnya.

            “Walau seberat apa pun tantangan kehidupannya, kasih itu sendiri yang menolongnya untuk menjadi wanita yang kuat. Dan di sini, ia berharap anaknya pun akan menjadi wanita kuat, hebat, dan tangguh masa depan. Seperti pada lirik terakhir ‘… masa depanmu adalah milikmu, jadilah sesuatu yang kau tuju’ adalah pengingat untuk ibu itu sendiri, supaya dia tidak mencampuri urusan Tuhan akan tujuan hidup anaknya, sambil merawat dan membimbingnya dengan kasih sampai dengan dia dewasa seutuhnya nanti,” Ungkap Dodo tentang single terbaru tersebut. 

Ada yang berbeda dengan lagu terbaru mereka in. Kalau biasanya mereka tampil minimalis dengan nuansa akustik yang kuat, kali ini D’Cinnamons berusaha mengembangkan lagi konsep bermusik mereka. Bagaimana tidak, trio ini melibatkan White Orchestra untuk memperkuat lagu ini di sisi aransemen. Dan akhirnya, dengan pengembangan aransemen ini bisa membuat lagu ini terasa lebih lebar, ekspresif sekaligus dramatis. Ide untuk melibatkan drum dan orkestra sendiri muncul ketika Dodo, Bona dan Nana melakukan jamming di proses awal penciptaan lagu. Pada saat awal menggarap lagu ini, karakternya dirasa terlalu ‘gelap’. Apalagi jika diaransemen minimalis dengan hanya melibatkan instrumen gitar saja. Lagu “Kartini (Perempuan Hebat)” ini ternyata membutuhkan aransemen yang lebih lebar.

Menurut Nana, lagu ini memang membutuhakan sentuhan khusus, “Makanya waktu workshop, kami coba bongkar ulang lagunya, langsung kepikirannya ini kayaknya kudu full string biar nggak terlalu gelap. Tetap ada unsur manis feminin mewakili perempuan, tapi juga bisa bold dan kuat, yang gambarannya diwakili sama perkusi dan drum yang ‘epic’ dan ‘cinematic’,” ungkapnya lebih lanjut.

D’Cinammons juga sudah mempersiapkan music video sebagai pendukung promosi di lagu ini. Untuk memaksimalkan pesan yang tertuang di “Kartini (Perempuan Hebat)”, mereka sengaja menggarap music video ini secara beda dan serius, dengan penonjolan alur cerita yang dramatis. Tidak hanya sebatas video audio atau video lirik. Dalam penggarapan music video ini, D’Cinnamons kembali berkolaborasi dengan Aji Aditya, sutradara yang sebelumnya sudah pernah menangani music video lagu “Berlayar Lagi”, single dari album “Home” (2021). D’Cinnamons juga menggandeng rumah produksi Sinema Gerilya untuk mengeksekusi produksinya. (sTr)

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.