International Golo Mori Jazz 2024, Gelaran Jazz Di Lokasi Eksotik


Jakarta, DJC - ,Banyak music festival yang sukses diselenggarakan di beberapa tempat menarik. Beberapa diantarnya memilih venue yang yang eksotik. Salah satunya adalah gelaran International Golo Mori Jazz 2024. Music festival yang akan digelar pada 16 November 2024 mendatang ini memilih lokasi yang memiliki pemandangan indah, yaitu di Golo Mori Convention Center (GMCC), Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Lokasi eksotik yang menawarkan pemandangan pantai dan alam yang menawan.

            Adalah InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) yang merupakan rebranding dari PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation, yang menggagas event ini. Sebuah gelaran yang merupakan bagian dari perayaan International Jazz Day. Music Festival ini akan menampilkan beberapa nama yang sudah dikenal di panggung musik nasional, yaitu Andien, Maliq & D’Essentials, Sheila Majid (malaysia), dan Tohpati. Event International Golo Mori Jazz 2024 ini resmi diluncurkan dengan menggelar jumpa pers, di kawasan Sarinah, Thamnrin, Jakarta (30/04/24).

Pada keterangan persnya, event ini juga sebagai wujud keinginan ITDC untuk menyebarkan apresiasi terhadap karya seni pertunjukan, dan alam untuk Indonesia. Sebagai ekosistem holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor aviasi dan pariwisata, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memiliki peran penting dalam membawa keramahtamahan dan keragaman budaya Indonesia ke panggung dunia melalui pengembangan ekosistem pariwisata melalui kolaborasi dan pengembangan destinasi pariwisata. Termasuk juga untuk mewujudkan komitmen untuk memajukan dan mengaktivasi kawasan The Golo Mori sebagai destinasi “Sustainable Marine-Based MICE Tourism Destination”.

            Sejalan dengan jargon Jazz Gunung Indonesia, yang menjadi mitra pelaksana acara ini, pengalaman menikmati “Indahnya Jazz Merdunya Gunung” bersama para musisi Indonesia yang mendedikasikan dirinya untuk musik tanah air, pengalaman menikmati International Golo Mori Jazz 2024 dengan latar alam, bukit dan lautan yang indah serta eksotis di kawasan The Golo Mori.

            “Saya sudah melihat dan merasakan indahnya alam di sana. Sangat cantik dan eksotik.” Ungkap Andien kepada awak media, yang hadir pada acara jumpa pers tersebut.

Direktur Utama InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati menambahkan, “Untuk pertama kalinya International Golo Mori Jazz diadakan. Melalui event ini, kami berharap para penikmat seni musik dapat meningkatkan apresiasi terhadap seni pertunjukan dan keindahan alam di timur Indonesia.”

            Sedangkan menurut Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengungkapkan, “Golo Mori menjadi salah satu destinasi yang dikembangkan oleh InJourney karena keberadaannya juga jadi bagian dari Labuan Bajo yang merupakan salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang dicanangkan oleh pemerintah. Pemandangan dan keindahan alam yang indah menjadi uniqueness Golo Mori yang harus diperkenalkan ke mata dunia. Salah satu bentuk creative marketing ialah promosi melalui penyelenggaraan musik jazz ini,”

            Saat ditanyakan kenapa mengusung musik Jazz ke event ini, Sigit Pramono selaku Founder Jazz Gunung mengungkapkan bahwa selain memang menyukai musik Jazz, musik jenis ini yang dinilai pas untuk program yang mereka canangkan tersebut diatas. “Kami membawa sajian musik untuk bisa tampil di tempat-tempat eksotik yang bertebaran di Indonesia. Walaupun tidak semua merupakan musisi Jazz, kami membawa semangat Jazz dengan latar belakang pemandangan indah. Seperti gelaran Jazz Gunung Indonesia yang sudah kami laksanakan, awalnya dengan menggelar Jazz Gunung Bromo pada tahun 2009 lalu. Selanjutnya kami mengembangkan event musik ini dengan memilih berbagai lokasi eksotik lainnya, mulai dari Gunung Ijen, Gunung Slamet, dan Gunung Burangrang. Pada gelaran kali ini, menjadi destinasi selanjutnya untuk membuat Jazz festival.” Tambahnya.

Menurut Bagas Indyatmono, Direktur Jazz Gunung Indonesia, pilihan tempat ini melewati berbagai pertimbangan. Agar gelaran Jazz festival di lokasi ini bisa berjalan seperti yang diinginkan. “Para penampil telah mengkonfirmasi kehadiran mereka. Persiapan dan survey teknis telah dilakukan lebih dari tiga kali di kawasan The Golo Mori, Labuan Bajo dan sekitarnya. Sistem tata suara terbaik buatan anak bangsa juga akan menjadi pelengkap sajian di International Golo Mori Jazz tahun ini,”  tambahnya.

Pada jumpa pers kali ini, juga dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo. Menurutnya, BUMN akan mendukung penuh gelaran bergengsi ini. Lebih lanjut Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, “Sektor pariwisata jadi salah satu kontribusi besar terhadap PDB negara, untuk itu hal ini perlu kita dorong terus dengan mengembangkan destinasi pariwisata sebagai Bali Baru, salah satunya ialah Labuan Bajo. Untuk itu, Kementerian BUMN RI selalu mendukung acara musik yang memiliki daya apresiatif, spirit, dan komitmen dalam menghadirkan identitas musik Indonesia. Terlebih lagi jika event tersebut dapat memberikan dampak ekonomi yang nyata bagi wilayah tersebut, dalam hal ini Golo Mori, sehingga kedepannya Golo Mori dapat kita dorong menjadi wisata arts and music.

            Jumpa pers kali ini tidak hanya memperkenalkan International Golo Mori Jazz 2024 yang menjadi music festival yang di tunggu di area Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, akan tetapi juga menampilkan aksi Andien dan Tohpati yang membawakan beberapa komposisi lagu dengan konsep akustik. Tak hanya itu, acara ini juga akan dilanjutkan dengan showcase di anjungan Sarimah Thamrin. (sTr)

 

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.