Akad (Movie)


Jakarta, DJC -
 ‘Akad’ adalah sebuah film drama, dengan naskah di tulis dan juga di sutradarai oleh Reka Wijaya. Jika banyak cerita film di adaptasi dari sebuah novel, justru di film ini di ilhami oleh lagu dengan judul sama milik Payung Teduh. Menampilkan cerita drama yang tidak terlalu rumit, dengan di sisipi sedikit unsur komedi untuk menyegarkan. Berkisah tentang keresahan Pak Adi (Mathias Muchus) yang ingin anaknya Indira (Indah Permatasari) untuk cepat cepat menikah. Dan banyak di jodohkan dengan penumpang Pak Adi yang bekerja sebagai sopir taxi online. Sampai muncul penumpang, yang merupakan masa lalu keluarga ini, Dion (Kevin Julio). Dion adalah mantan pacar Indira yang menghilang (saat ini tinggal di Lombok), dan pernah bermasalah dengan Pak Adi.

Pak Adi merasa cocok dengan Dion, di sisi lain Pak Adi juga pernah menjodohkan anaknya dengan Roy (Nino Fernandez), Boss di tempat Indira bekerja. Dan kebetulan Roy memang menyukai Indah. Masalah baru datang ketika tiba-tiba Dion hadir di Jakarta karena tugas. Hal yang membuat CLBK di hati Indah dan Dion. Konflik mulai muncul saat terjadi perseteruan antara Dion dan Roy, hingga sebuah peristiwa tidak terduga terjadi. Ketika Indira dan sang ayah di undang ke Lombok oleh keluarga Dion. Yang membuat campur aduk perasaan Indira.

Menterjemahkan lagu ‘Akad’ dalam sebuah film cenderung tidak mudah. Harus banyak berhasil membangun nuansa cerita yang lebih lebar. Hal ini cukup tampak di film ini. Karena banyak cerita tambahan yang cenderung klise, dan terkesan mengada-ada. Terutama dari sisi konflik yang memang sering kali muncul di berbagai cerita. Celakanya, akting Kevin Julio tidak memperkuat profiling-nya di film ini. Atau karena kekuatan naskahnya? Tapi hal yang menarik di film ini, adalah saat Indah Permatasari beradu akting dengan aktor kawakan Mathias Muchus. Dalam beberapa sesi, mereka seperti menemukan chemistry.

Film hadir dengan alur cerita yang tidak perlu menguras pikiran untuk memahaminya. Tipikal cerita yang mudah di cerna, dengan konflik standart dan ending yang tidak mengejutkan. Akan tetapi sebagai hiburan di akhir pekan, film ini bisa di jadikan pilihan di tengah rumitnya kehidupan kota. ‘Akad’, juga menampilkan sisi pariwisata, dengan mengeksplorasi beberapa spot menarik di Lombok, termasuk sirkuit Mandalika.

 

Credit Title: Sutradara / penulis naskah: Reka Wijaya. Pemeran: Kevin Julio, Indah Permatasari. Mathias Muchus, Nino Fernandez. Produser: Agung Priyanto Dwi Nugroho. Abdulbar M Mansoer. Avesina Soebli, Adi Sumarjono, Edy Nugroho. Panata Musik: Pusakata. Produksi: Indonesia Tourism Development Corporation, BUMN, IFI Sinema. E-Motion Entertainment, Maxstream Original. Durasi: 90 Menit

Diberdayakan oleh Blogger.