Proletar Rilis “Depressive Disorder” Format Vinyl 12 inch

Proletar

Jakarta, DJC – Rilisan fisik, apalagi dalam bentuk vinyl / piringan hitam beberapa tahun terakhir mulai digemari lagi. Termasuk di Indonesia tentunya. Band pengusung Grindcore asal Setiabudi Jakarta, Proletar menyadari akan hal ini. Apalagi band yang kini berawak Ipuletar (gitar), Nino Aspiranta (Growl), dan Levoy (Drum/Scream), termasuk band yang aktif merilis karyanya dalam bentuk fisik, sejak didirikan pada tahun 1999 lalu.

            Pada 25 Desember 2021 lalu, band ini merilis album Depressive Disorder dibawah label Samstrong Records (Indonesia) dalam format CD. Perilisan CD album Depressive Disorder juga dibarengi dengan peluncuran DVD film dokumenter perjalanan karier band Proletar yang bertajuk Grind For Better Life. Dan tidak hanya berhenti sampai disini, Proletar sudah melakukan deal dengan label asal Jerman, Animate Records. Kerjasama ini dalam bentuk perilisan vinyl 12”/ LP album “Depressive Disorder”. Akan tetapi karena jadwal yang padat dari label tersebut, album vinyl ini baru bisa terealisasi pada tahun ini, setelah 1,5 tahun sejak album ini resmi dirilis.

            Album dalam bentuk vinyl 12”/LP ini tidak tampil sendiri, akan tetapi disertai juga dengan split EP vinyl 7” dari band asal Jerman, Entrails Massacre. Sebenarnya split 7” dari band Jerman tersebut, sudah dirilis pada tahun 2013 lalu, dibawah bendera Power it Up Records (Jerman). Agar lebih fresh dan menarik untuk split album ini, pihak Animate Records menampilkan artwork terbaru.

            Album “Depressive Disorder merupakan sebuah bentuk keresahan dan kritik dari Proletar terhadap kekacauan yang terjadi, terutama setelah munculnya pandemi. Termasuk memotret ketimpangan sosial dan menyinggung keadaan yang berubah drastis, di mana banyak orang yang merasa tertekan, tak sedikit pula yang mencapai titik depresi karena kehilangan pekerjaan. (sTr)


Diberdayakan oleh Blogger.