“Indonesia Dari Timur” Film Tentang Sepak Bola Dengan Latar Belakang Eksotisme Papua

Jakarta, DJC – Diketahui, pasangan Ari Sihasale & Nia Sihasale Zulkarnaen beberapa waktu terakhir sangat konsen dengan tanah Papua. Bahkan pasangan produser dengan bendera Alenia Pictures ini beberapa kali memproduksi film dengan latar belakang budaya atau keindahan wilayah Papua. Seperti film “Indonesia Dari Timur” ini, besutan terbaru Alenia Pictures yang bekerjasama dengan Bhinneka Multi Media. Kali ini mengangkat perjuangan tim sepak bola asal Papua, yang diangkat dari kisah nyata, dengan menggambarkan semangat dan kebersamaan Indonesia lewat sepak bola.

            Yang menarik, tidak hanya menampilkan pemeran yang sudah dikenal di pentas film nasional, seperti Ibnu Jamil, Donny Alamsyah, Marcellino Lefrandt, tapi juga menampilkan bintang-bintang muda sepak bola dari Papua, dinatarnya Yesaya Kogoya, Richardo Youwe, Yulianus Yual, Karel Fonataba, Michael Twenty, yang berhasil beradu akting dengan pemeran di atas. Bahkan, untuk pertama kalinya, sang sutradara sekaligus produser di film ini, Ari Sihasale juga berperan di filmnya tersebut. Ada juga nama Dinda Ghania dan Damara Finch yang juga memperkuat film ini.

            “Hal yang terberat di film ini, adalah kita menggambil gambar di 3 lokasi yang berjauhan, ditambah saya harus jadi pemeran juga di film ini. Apalagi kita harus melatih para pemain bola untuk bisa berakting. Tapi saya sangat puas dengan hasilnya.” Ungkap Ari Sihasale pada awak media, saat menggelar press screening di XXl Epicentrum, Kuningan, Jakarta (09/12/23)

            Sedangkan menurut Nia Sihasale mengungkapkan, bahwa film ini bentuk kecintaannya terhadap Indonesia. “Terinspirasi dari olah raga sepak bola sebagai olah raga pemersatu bangsa yang dicintai seluruh rakyat Indonesia, cerita di film ini, diangkat dari sebuah kisah nyata dari tanah Papua. Film Indonesia Dari Timur adalah film mengenai sepak bola yang diperankan oleh bintang bintang muda sepak bola dari Papua.” Tambahnya.

            Film ini berkisah Edu (Ibnu Jamil) seorang pilot senior yang melayani rute-rute perintis di Papua, mendapatkan tugas dari Simon, (Donny Alamsyah) pemilik perusahaan penerbangan untuk membangun sebuah tim sepakbola, yang dipersiapkan untuk bertanding dalam sebuah turnamen bergengsi tahun depan. Edu berusaha mengumpulkan tim terbaik di Papua yang sempat bubar akibat skandal yang diduga melibatkan pelatihnya, Johm (Ari Sihasale). Bersusah payah Edu mengumpulkan kembali tim sepak bola, yang tercerai berai dengan berbagai problem yang dihadapi para pemain sepak bola tersebut. Dan akhirnya Edu berhasil membangun tim, dan kembali mengajak John sebagai pelatih. Akan tetapi perjuangan tidak mudah, Edu harus melewati banyak masalah, dari masalah finansial, konflik batin, termasuk dengan putrinya, Anya (Dinda Ghania). Berhasilkah tim bentukan Edu ini menjadi kebanggan tanah Papua?

            Yang paling menarik di film ini, selain alur caritanya yang dinamis, banyak menampilkan pemandangan menawan tanah Papua dan adat kebiasaan di tanah tersebut. Termasuk akting para pemain bola ini yang terbilang cukup apik. Belum lagi Ibnu Jamil dan beberapa pemeran lainnya yang bisa berbicara dengan logat Papua dengan baik. Kisah heroik dari perjuangan kelompok underdog mencapai cita-cita di bidang sepak bola, walaupun berbagai masalah pribadi yang menyelimutinya, ditampilkan dengan balutan adat budaya khas tanah Papua. Film Indonesia Dari Timur” ini, layaknya cukup pantas mendapat apresiasi, di kancah film nasional. (sTr)

 

Diberdayakan oleh Blogger.