INACRAFT Kembali Di Gelar

Presiden Jokowi Di Pembukaan INACRAFT 

 Jakarta, DJC -  The 24th Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) kembali digelar di tahun ini. INACRAFT Merupakan pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Pada tahun 2024 ini, merupakan gelaran INACRAFT ke-24 kalinya. Masih bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), dan berlangsung dari tanggal 28 Februari - 3 Maret 2024. Gelaran ini diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan Mediatama Event dirancang untuk mempromosikan produk-produk kerajinan Indonesia, meningkatkan pasar domestik, dan membuka peluang pasar internasional sebagai komoditi eskpor ke mancanegara.

            INACRAFT mengangkat khusus hasil kreasi seni dan tradisi budaya Indonesia yang juga menarik yaitu alat musik Tradisi Indonesia. INACRAFT 2024 mengusung sub-tema “World Craftpreneurs Under One Roof” sebagai pendamping dari tema utama “From Smart Village to Global Market”, dengan menawarkan ragam produk-produk kerajinan Indonesia, yaitu batik, tenun, fashion & embroidery, sepatu & perlengkapan travel, perhiasan & aksesoris, peralatan rumah tangga, cendera mata, produk dekoratif, mainan, dan masih banyak kerajinan lainnya bersanding dengan sejumlah artisan dari mancanegara. INACRAFT hadir menampilkan kolaborasi dengan berbagai komunitas.

INACRAFT akan dihadiri visitors/tamu khusus internasional sebanyak 70 buyers. Terdapat 133 peserta kategori eksportir dan siap ekspor yang tersebar dengan tanda khusus di booth masing-masing. Gelaran ini menargetkan 100.000 pengunjung dengan target transaksi retail sebesar 100 milyar rupiah dengan kontrak dagang diharapkan mencapai USD 12 juta. INACRAFT didukung oleh Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai sponsor utama dan sponsor lainnya yaitu Behaestex, Pupuk Indonesia, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Untuk menunjang fasilitas pendukung, INACRAFT juga bekerjasama dengan Official Partner seperti White Horse sebagai Official Shuttle Partner. Bekerja sama pula dengan Margo City Depok, Emporium Mall Pluit, Grand Metropolitan Bekasi, dan Summarecon Mall Serpong sebagai Official Mall Partner untuk menunjang beberapa titik shuttle pada wilayah seputar Jakarta. Official Hotel Partner yaitu Hotel Atlet Century Park, Swiss-Belinn Wahid Hasyim, dan Best Western Senayan. 

Saat pembukaan event ini (28/02/24), Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengapresiasi terselenggaranya pameran kerajinan terbesar di ASEAN, The 24th Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024) yang diharapkan mampu membawa Indonesia menjadi pemain utama eksportir produk handicraft di kawasan ASEAN

“Tak hanya menjadi pemain utama produk handicraft di kawasan, tetapi Indonesia berhasil masuk ke dalam daftar 10 negara eksportir handicraft terbesar di dunia,” Ungkapnya lebih lanjut.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Asephi Muchsin Ridjan mengatakan, penyelenggaraan Inacraft 2024 ini diramaikan oleh sebanyak 1.500 UKM atau peserta. Dari total 800 anggota Asephi, sekitar 656 anggota merupakan kategori UKM, sisanya merupakan UKM binaan Kementerian/Lembaga (K/L) dan 10 peserta internasional.

Lebih lanjut Muchsin Ridjan mengatakan, “Di tengah situasi politik yang tinggi di Indonesia, kami tetap optimistis pengunjung Inacraft ditargetkan mencapai 100.000 ribu orang dengan transaksi ritel sekitar Rp100 miliar. Kami tetap semangat dan optimistis dalam menyelenggarakan dan menyakini pameran ini penting. Karena kegiatan perekonomian harus tetap berjalan, khususnya dalam memberikan kesempatan transaksi bisnis kepada anggota Asephi dan industri kerajinan di Indonesia

Secara simbolis, Inacraft dibuka oleh MenKopUKM Teten Masduki bersama dengan para anggota Asephi dan perwakilan K/L. Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut hadir dan meninjau beberapa stand (booth) pameran para peserta UKM kerajinan di Inacraft 2024. (sTr)

Diberdayakan oleh Blogger.